Ingin Berolahraga Saat Menstruasi, Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui

Ingin Berolahraga Saat Menstruasi, Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui
SEHAT | 3 Februari 2020 01:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Menstruasi merupakan periode bulanan yang dialami oleh wanita pada masa subur. Ketika kamu sedang datang bulan seperti ini, bakal muncul rasa tak menyenangkan yang mengganggu aktivitasmu.

Mulai dari perut kram, kembung, kelelahan, hingga pusing merupakan masalah yang harus kamu hadapi ketika tengah datang bulan. Hal ini membuatmu menjadi 'mager' dan malas melakukan apa-apa.

Namun, masa-masa datang bulan seperti ini seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga. Bahkan, olahraga yang dilakukan bisa membantu mengatasi masalah mengganggu yang kamu alami pada saat tersebut.

Walau begitu, terdapat batasan mengenai olahraga yang bisa kamu lakuan ketika menstruasi. Dilansir dari Times of India, berikut hal yang harus kamu ketahui mengenai olahraga ketika menstruasi.

1 dari 4 halaman

Olahraga Saat PMS

Seminggu sebelum menstruasi, biasanya gejala sudah mulai tampak berupa rasa lelah dan perasaan tak nyaman. Pada saat PMS seperti ini, kamu bisa mulai menurunkan intensitas olahraga yang kamu lakukan dan ganti dengan olahraga yang lebih ringan.

2 dari 4 halaman

Olahraga Saat Menstruasi

menstruasi

Ketika menstruasi, kamu bakal merasa lebih lemah dan merasa kram, namun hal ini sebaiknya tidak menjadi pengahalang bagimu untuk tetap aktif secara fisik. Hanya saja lakukan secara perlahan dan jangan memaksa dirimu.

3 dari 4 halaman

Olahraga yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Jangan melakukan olahraga intensitas tinggi dan olahraga yang berfokus pada perut saat menstruasi. Tekanan tambahan pada perut ini bisa menyebabkan masalah pada sistem reproduksi terutama ketika menstruasi.

4 dari 4 halaman

Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Menstruasi

bisa dilakukan saat menstruasi

Olahraga ringan seperti lari dan berjalan disarankan untuk dilakukan selama menstruasi. Olahraga ini bisa membantu meningkatkan mood dan membakar kalori di tubuh.

Pilates dan yoga bisa menjadi pilihan juga karena bisa membantu mengatasi kondisi fisik serta mental. Hal ini bisa membuatmu mengatasi rasa sakit serta meningkatkan sirkulasi darah.

Olahraga sekaligus hiburan juga bisa kamu coba untuk menjaga diri tetap bugar dan hati senang. Ketika menstruasi, pastikan tubuh tetap aktif untuk membuat dirimu bugar serta perasaan riang. (mdk/RWP)

Baca juga:
Menstruasi Tak Teratur dan Munculnya Jerawat di Wajah Disebabkan Kelebihan Hormon
5 Hal yang Jadi Penyebab Munculnya Rasa Sakit dan Nyeri di Payudara ketika Menstruasi
7 Kondisi Darah Menstruasi yang Penting untuk Kamu Ketahui
5 Cara Menghadapi Menstruasi untuk Menekan Rasa Nyeri yang Muncul
Bisakah Menstruasi yang Terjadi Secara Parah Menyebabkan Bahaya bagi Nyawa?
Mengapa Kadang Wanita Ingin Bercinta di Kala Menstruasi?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami