Ini Alasan Mengapa Kurma Merupakan Santapan Ideal untuk Berbuka Puasa

Ini Alasan Mengapa Kurma Merupakan Santapan Ideal untuk Berbuka Puasa
Ilustrasi kurma. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
SEHAT | 21 April 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu buah yang menjadi sangat populer di kala bulan Ramadan tiba adalah kurma. Pasalnya, pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma dan air putih. Secara medis, kurma juga diketahui merupakan buah yang ideal untuk berbuka puasa.

Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan kandungan dalam kurma memang ideal untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa.

“Kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, juga mineral. Kandungan tersebut cukup ideal untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa,” ujar Prof. Ari dalam Seminar Awam dan Media ‘Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI’ beberapa waktu lalu.

Selain kandungan karbohidrat kompleks, serat, dan mineral, kurma juga mengandung kalori yang cukup untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa selama kira-kira 14 jam lamanya.

Kurma tergolong ke dalam jenis buah yang memiliki komponen air, meskipun hanya sedikit. Sehingga, kurma menjadi pilihan pertama yang baik untuk berbuka puasa.

Baca Selanjutnya: Kurma Baik untuk Penderita Diabetes...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami