Ini Batas Aman Konsumsi Vitamin C bagi Penderita Mag

Ini Batas Aman Konsumsi Vitamin C bagi Penderita Mag
SEHAT | 30 Mei 2020 08:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi vitamin C merupakan cara yang banyak dilakukan orang untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Walau begitu, jumlah konsumsi suplemen vitamin C ini perlu diperhatikan terutama pada mereka yang memiliki penyakit mag.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi dan hepatologi, Ari Fahrial Syam, vitamin C memang jadi salah satu asupan favorit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kehadiran vitamin C dalam jumlah yang cukup juga berperan sebagai antioksidan.

Namun, bagi yang memiliki riwayat mag jangan berlebihan mengonsumsi vitamin C.

"Bagi yang punya sakit mag yang bisa ditolerir itu dosis 500 mg, kalau lebih dari itu bisa timbul masalah," kata Ari dalam live Instagram di akun pribadinya @dokterari.

Sebenarnya bisa juga tidak perlu sampai 500 mg, pilih dengan dosis 300 mg. Namun, jika memang membutuhkan asupan 500 mg pada orang dengan kondisi mag tertentu harus diimbagi dengan obat anti asam lambung.

Asupan vitamin C juga bisa diusahakan dari buah-buahan jadi tidak perlu suplemen. Makan buah-buahan lebih nyaman bagi lambung dibandingkan mengonsumsi vitamin C dosis tinggi seperti disampaikan Ari.

1 dari 1 halaman

Buah Kaya Vitamin C

Dilansir dari Klikdokter, satu buah jeruk mengandung 70 mg vitamin C. Lalu, satu porsi pepaya mengandung 88,3 mg vitamin C. Semangkuk stroberi juga kaya vitamin C dengan kandungan sekitar 84,7 mg. Buah lain dengan kandungan vitamin C tinggi adalah jambu biji dan kiwi. Satu porsi jambu biji kandungan vitamin C bisa mencapai 377 mg dan pada kiwi hingga 137 mg.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Tinggi Kalori, Batasi Jumlah Konsumsi Kue Kering Lebaran
Deretan Makanan yang Bisa Membantu Meredakan Rasa Cemas dalam Dirimu
Kenali Sejumlah Dampak Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kulit Ikan
Kenali Kandungan Tinggi Kalori dari Kue Lebaran, Jangan Konsumsi Berlebihan!
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Belimbing Wuluh

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5