Ini Batas Waktu Minum Kopi untuk Tidur Malam yang Nyenyak

SEHAT | 18 Desember 2018 08:17 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Minum kopi di malam hari merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan orang. Baik untuk tambahan kafein dalam membantu bekerja atau untuk ketika bersantai di malam hari dengan teman, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling jamak dijumpai.

Konsumsi kopi yang sarat dengan kandungan kafein ini memang telah lama dijadikan kambing hitam ketika mata tak kunjung terpejam pada malam hari. Namun berdasar penelitian terbaru ternyata untuk lebih cepat tidur di malam hari ada batas jam maksimal dalam mengonsumsi kopi.

Dilansir dari Her, seorang pakar masalah tidur, dr Andrew Rochford menyebut jam-jam yang tepat untuk meminum kopi ini. Dia menyebut bahwa terdapat batasan jam untuk konsumsi dari kopi ini jika ingin menikmati tidur nyenyak di malam hari.

"Apa yang kamu konsumsi dapat memiliki pengaruh besar pada tidurmu," jelas Rochford.

Rochford bahkan menyebut bahwa konsumsi kopi ini sebaiknya jauh sebelum matahari tenggelam. Bahkan juga sebelum sore tiba yaitu pada sekitar jam satu atau dua siang.

Walau jam ini terasa sangat pagi bagi banyak orang, namun dia menyebut bahwa hal ini juga dapat disesuaikan tergantung masing-masing orang.

"Sebenarnya kamu memiliki patokanmu sendiri namun aturan pastinya adalah jangan mengonsumsi kopi setelah makan siang," ujar Rochford.

Baca juga:
Cedera Serius pada Orang Tua Bisa Buat Jam Tidur Anak Berubah
Terbukti! Kurang Tidur Ternyata Bisa Buat Orang Lebih Pemarah
Terlalu Banyak Tidur Ternyata Bisa Mengancam Kesehatanmu
Tidur berlebihan sama tak sehatnya dengan kurang tidur
Wanita yang Tidur Mendengkur Lebih Rentan dengan Masalah Kesehatan Dibanding Pria
Menkes ingatkan waktu tidur, jangan bergadang terus nonton Piala Dunia
Anda insomnia? Pakai cara ini, semenit langsung nyenyak!

(mdk/RWP)