Ini Hal yang harus Kamu Perhatikan dalam Memilih Lensa Kontak yang Tepat

SEHAT | 9 Mei 2019 08:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Lensa kontak dapat menjadi alternatif bagi pemilik mata minus yang tak ingin memakai kacamata. Namun sebelum memutuskan untuk memakai lensa kontak, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu.

Hal pertama yang harus dilihat adalah kualitasnya. Ingat, mata adalah organ vital. Jangan sampai karena memakai lensa kontak sembarangan, mata jadi bermasalah.

"Mata itu sangat esensial untuk beraktivitas, jadi kamu harus memperhatikan kenyamanan, keamanan dan kualitas lensa kontaknya," kata Mia Al Maidah, Brand Manager Acuvue di kawasan Jakarta Selatan.

Lensa kontak bisa dikatakan berkualitas jika menggunakan bahan yang tepat. Kamu juga harus menyesuaikan bahan lensa kontak dengan kondisi mata dan kebutuhan.

Jika bola mata mudah kering dan akan memakai lensa kontak dalam waktu lebih dari enam jam, gunakanlah yang berbahan silikon hidrogel. Silikon hidrogel merupakan bahan yang mengandung oksigen lebih tinggi sehingga bisa dipakai lebih lama daripada hidrogel biasa. Jangan lupa mengukur lensa mata di optik.

"Ke optik supaya tahu berapa ukuran lensa dan diameter pupil. Karena ukurannya berbeda-beda," ungkap Mia.

Selebihnya, kamu hanya perlu merawat kebersihan lensa kontak dan menggantinya secara berkala. Untuk membersihkan lensa kontak, kamu hanya perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan lensanya.

Jangan lupa copot lensa kontak dan basahi dengan cairan solution, segera setelah sampai di rumah. Terkadang ketika memakai lensa kontak, mata akan lebih mudah kering.

Kamu bisa memakai obat tetes mata sebanyak empat kali sehari untuk mengatasi mata kering ini. Selain itu pastikan juga lensa kontak yang kamu gunakan berkualitas dan aman untuk kesehatan mata.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id

Baca juga:
4 Penanganan Sederhana di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Mata Terciprat Cabai
Selain Membahayakan Paru-Paru, Rokok Juga Menyimpan Segudang Bahaya untuk Mata
Diabetes Ternyata Bukan Penyebab Utama Munculnya Glaukoma
Berlebih Gunakan Obat Tetes Mata Bisa Picu Munculnya Glaukoma
Begini Cara Mencegah Munculnya Glaukoma pada Dirimu
Kondisi Mata Juling Sesungguhnya Bisa Disembuhkan dengan Operasi

(mdk/RWP)