Ini Penyebab Mengapa Kadang Kita Merasa Gemas pada Bayi Hingga ingin Menggigitnya

Ini Penyebab Mengapa Kadang Kita Merasa Gemas pada Bayi Hingga ingin Menggigitnya
Ilustrasi bayi. ©2012 Merdeka.com/shutterstock/Max Bukovski
SEHAT | 8 April 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pernahkah kamu merasa sangat gemas dengan bayi yang kamu temui hingga ingin meremas atau menggigitnya? Walau terkesan aneh, namun hal tersebut ternyata tidak hanya kamu alami sendiri.

Rasa gemas yang muncul ketika kamu melihat sesuatu yang menurutmu lucu atau menggemaskan ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari Times of India, fenomena psikologis ini dikenal sebagai cute agression.

Pengertian terkait cute agression ini sebenarnya cukup luas dan tidak hanya sebatas rasa gemas pada sesuatu yang lucu saja. Hal ini bisa juga terjadi ketika kamu ingin menggigit pasangan atau teman tanpa alasan yang jelas.

Perilaku ini bisa juga disebut sebagai "social biting" yang sudah dilakukan sejak lama oleh leluhur kita. Berdasar penelitian psikologikal dari Yale University, keinginan untuk pura-pura menggigit atau meremas sesuatu yang kita anggap imut sejatinya merupakan reaksi neurokimia.

Berdasar penelitian tersebut, hal ini disebut sebagai cara otak untuk mencegah kita terlalu terbawa perasaan dan terganggu. Hal ini membantu membatasi emosi positif yang dialami seseorang setelah melihat bayi yang imut dan lucu agar tidak terlalu terbawa perasaan.

Baca Selanjutnya: Agresi Sebagai Pengalihan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami