Ini Penyebab Mengapa Kamu Kerap Merasa Tersentak saat Mulai Tidur

SEHAT | 24 Januari 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kamu usdah mulai merasa sangat mengantuk, kesadaran yang kamu miliki mulai menghilang secara perlahan. Namun di saat kamu hendak tidur lebih dalam, kamu malah merasa tersentak sehingga kembali terbangun.

Dilansir dari Huffington post, hal ini disebut oleh Ellen Wermter, seorang pakar tidur bahwa hal ini biasa dikenal sebagai hypnic jerk. Yaitu sebuah bentuk myoklonus atau hentakan otot yang serupa seperti cegukan.

"Hentakan yang terjadi ini tidak sengaja serta sangat singkat dan tiba-tiba. Sering muncul pada tahap 1 tidur, tahap transitori yang sangat ringan antara terjaga dan tidur lebih dalam," terang Wermter.

Pada fase tidur ini, otot menjadi lebih santai. Otakmu kadang akan mengenali sensasi ini sebagai terjatuh sehingga memicu terjadinya kontraksi otot. Hypnic jerks juga terjadi baik tanpa alasan jelas atau karena hal tertentu.

1 dari 2 halaman

Sejumlah Faktor yang Meningkatkan Potensi Masalah Ini

Terdapat sejumlah faktot yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami hypnic jerk. Sejumlah faktor ini termasuk stres, olahraga terlalu besar, serta sejumlah obat seperti serotonin reuptake inhibitors (SSRIs).

Masalah ini cukup aman dialami orang dalam kondisi sehat namun juga bisa disebabkan oleh kelelahan, kurang tidur, serta penggunaan stimulan, terang Alex Dimitriu psikiater dan pakar tidur. Pada sejumlah kasus, masalah ini tidak berbahaya. Namun jika terjadi secara sering dan membuatmu sulit tidur, maka dia menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Pada kasus tertentu, Wermter menyebut hal ini bisa karena masalah kesehatan. Sebagai contoh, gangguan tidur bisa jadi penyebab hal ini ketika napas berhenti secara berulang ketika tidur dan menyebabkan kontraksi otot.

"Ketika saluran pernapasan terhalang serta tingkat oksigen dalam darah menurun, otak mengiring sinyal yang kadang kala dalam bentuk hentakan otot," terang Wermter.

2 dari 2 halaman

Cara Agar Tidak Mengalami Hentakan Saat Tidur

Terdapat banyak cara yang disebut bisa benar-benar menghalau munculnya hentakan otot ini. Namun, kamu dapat mengurangi kemungkinannya dengan memiliki jadwal tidur yang rutin serta berada di tempat yang tenang dan nyaman.

Mengontrol tingkat stres serta memperhatikan asupan kafein juga bisa menbantu. Jika kamu memiliki kebiasaan minum kopi di sore atau malam hari, sebaiknya hentikan untuk mengurangi kemungkinan mengalami masalah ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Tanpa Disadari Membuat Kamu Menjadi Sulit Tidur
Ini Posisi Tidur yang Tepat Dilakukan ketika Kamu Tengah Sakit
5 Mitos Mengenai Tidur yang Salah dan Masih Banyak Dipercaya
Kurang Tidur Bisa Mendorongmu untuk Mengonsumsi Makanan yang Tak Sehat
Gangguan Tidur Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Migrain pada Seseorang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.