Ini Penyebab Mengapa Kita Terkadang Terbatuk-Batuk Usai Makan

Ini Penyebab Mengapa Kita Terkadang Terbatuk-Batuk Usai Makan
SEHAT | 7 Oktober 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Setelah makan, terdapat banyak respons yang bisa keluar dari seseorang. Ada yang mudah bersendawa usai makan, ingin buang air besar setelah makan, dan bahkan ada yang jadi mudah terbatuk-batuk setelah makan.

Kondisi ini bisa berupa tersedak ketika kamu tengah makan atau juga terbatuk-batuk setelah makan sekelasi. Kondisi ini bisa terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi masuk ke saluran yang salah. Hal ini bahkan juga bisa terjadi karena air liur kita sendiri.

"Menelan makanan bahkan cairan atau air liur kita sendiri merupakan proses yang sangat kompleks dan pada setiap langkah dan bahkan pada banyak proses, kesalahan bisa terjadi dan berujung pada sejumlah gejala," terang Brian Riff, MD, gasentrologis dari Associated Gastroenterology Medical Group in California, dilansir dari Popsugar.

Batuk sendiri merupakan respons alami yang bakal muncul ketika terjadi kesalahan pada proses makan ini. Hal ini merupakan cara tubuh untuk mencegah partikel asing seperti bakteri, makanan, dan asam lambung masuk ke paru-paru.

Baca Selanjutnya: Masalah Kesehatan yang Bisa Memicu...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami