Ini Penyebab Mengapa Rambut Bisa Berubah Merah Jika Terlalu Banyak Terkena Matahari

SEHAT | 24 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bermain layang-layang merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh anak kecil bahkan hingga orang dewasa di Indonesia. Satu hal yang biasa diingatkan oleh orangtua kepada anak ketika bermain layang-layang adalah jangan terlalu lama karena bisa membuat rambut menjadi merah.

Tidak hanya terbatas pada layang-layang, banyak orang mempercayai bahwa paparan sinar matahari bisa membuat rambut berubah warna menjadi merah. Benarkah hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari News.com.au, pakar kesehatan rambut dan kulit kepala, Anthony Pearce mengungkap bahwa hal ini bisa terjadi karena radiasi ultraviolet. Pigmen warna pada rambut kita mengalami oksidasi akibat paparan terhadap radiasi ultaviolet.

"Hal ini merupakan proses kimia yang sama seperti ketika rambut di-bleaching," terang Pearce.

Efek serupa yang terjadi pada rambut seperti ketika rambut diwarnai bisa terjadi pada proses ini. Hanya saja, perubahan warna akibat sinar matahari ini bukan merupakan hal yang baik.

"Matahari bisa mengubah rambut menjadi blonde, namun dengan melakukannya, rambut juga bisa mengalami penurunan," terang Pearce.

Warna rambut yang lebih terang sebagai hasil dari waktu yang dihabiskan di bawah matahari bisa menyebabkan kerusakan permanen pada rambut. Dampak dari hal ini bisa berupa rambut bercabang, kering, serta sejumlah kerusakan lainnya.

1 dari 2 halaman

Cara Mengatasi

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah ini. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan topi ketika berada di luar ruangan atau produk rambut yang memberi perlindungan dari radiasi ultraviolet.

"Saya sangat percaya dengan perlindungan rambut melawan cahaya ultraviolet sama dengan yang kita lakukan pada kulit. Hal ini sangat penting untuk rambut lemah dan juga mendapat perawatan warna," terang Lissa Farrall, pakar kesehatan rambut dari Fudge Professional.

"Sangat penting untuk mengetahui bahwa kulit kepala, terutama milikmu. Saya menemukan bahwa cara terbaik adalah dengan menggunakan lip balm SPF tinggi di kulit kepala untuk menghindarinya gosong, sangat mudah untuk mengaplikasikannya tanpa jejak dan hal ini juga bisa membuat kulit kepala pecah-pecah menjadi hilang," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Hal Lain yang Menyebabkan Rambut Berubah Warna

"Air garam juga bisa menyebabkan warna rambut menjadi terang dan efeknya bakal lebih berlipat dengan cahaya ultraviolet. Air garam bisa menambahi cedera rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan bengkak, membuatnya menjadi lebih berpori, sehingga rentan kerusakan," terang Pearce.

Kandungan klorin pada kolam renang juga bisa menjadi penyebab kerusakan ini. Oleh karena itu, setelah bereang disarankan untuk keramas dengan jumlah shampo yang lebih banyak dibanding biasanya. (mdk/RWP)

Baca juga:
8 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang dengan Bahan Alami
6 Minyak Esensial Untuk Menumbuhkan Jenggot Secara Alami
Menurut Penelitian, Bekerja Terlalu Lama Bisa Membuatmu Mengalami Kebotakan
6 Hal yang Bisa Jadi Penanda Adanya Kutu Rambut di Kepalamu
Paparan Polusi Udara Bisa Buat Seseorang Lebih Rentan Alami Kebotakan
3 Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengatasi Kutu Rambut yang Mengganggu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.