Ini Sejumlah Tanaman Herbal yang Bisa Bermanfaat untuk Turunkan Gula Darah

SEHAT | 17 November 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Munculnya penyakit diabetes disebabkan karena meningkatnya gula darah pada diri seseorang. Terdapat sejumlah hal yang bisa memicu masalah ini seperti makanan tinggi kadar gula, makanan instan, serta karbohidrat.

Masyarakat pun percaya, menggunakan obat herbal dapat menurunkan gula darah. Menurut Koordinator Dalam Negeri PB PERKENI Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo Sp.PD-KEMD, dalam Riskesdas (riset kesehatan dasar), penggunaan herbal bisa 5-10 persen dalam masyarakat. Namun pelayanan kesehatan pun harus selalu mengingatkan untuk tetap mengonsumsi obat diabetes yang dianjurkan dokter.

"Kita tidak bisa juga katakan tidak. Kalau ada pasien diabetes yang gunakan herbal kita sarankan tetap obatnya jangan dihentikan dan selalu pantau manfaatnya," paparnya di Jakarta.

Ketua Umum PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia), dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD juga mengatakan meski obat herbal belum terbukti mampu menyembuhkan diabetes, namun ada beberapa tanaman herbal bisa membantu menurunkan kadar gula darah sambil disertai konsumsi obat.

1 dari 1 halaman

Tanaman Herbal yang Bermanfaat untuk Turunkan Gula Darah

Pare

Walaupun pahit, ternyata pare memiliki efek mampu menurunkan gula darah lho.

Sambiloto

Sama pahitnya dengan pare, tanaman ini ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Dan sering dimanfaatkan untuk obat tradisional.Prof Aris menuturkan bahwa tanaman sambiloto berkhasiat menurunkan gula darah seperti mekanisme obat diabetes.

Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, obat diabetes yang diresepkan dokter tetap harus diminum agar sahabat Fimela lekas sembuh.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Diabetes Ini Sehat dan Sederhana
Konsumsi Jambu Secara Rutin Saat Sarapan Bisa Bantu Kontrol Kadar Gula Darah
Waspada! Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak dan Remaja
Talas Bisa Jadi Alternatif Makanan Sehat bagi Penderita Diabetes
Ini Penyebab Mengapa Seorang Penderita Diabetes Sangat Rentan Alami Kerusakan Mata