Ini yang akan kamu alami saat tubuhmu kekurangan cairan

Ini yang akan kamu alami saat tubuhmu kekurangan cairan
SEHAT | 15 November 2016 15:02 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Lebih dari 70% tubuh terdiri dari cairan. Sehingga saat tubuhmu kekurangan cairan entah karena konsumsi yang kurang atau udara terlalu panas, maka akan muncul beragam gangguan kesehatan.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, saat tubuh kekurangan cairan maka akan muncul dehidrasi ringan yang menyebabkan gejala seperti lemah, pusing, dan mudah lelah. Kemudian akan diikuti dengan dehidrasi wajar hingga dehidrasi serius.

"Rasa lemas dan haus adalah gejala awal dari dehidrasi. Kemudian akan berlanjut dengan kulit yang jadi kurang elastis serta keringnya membran mukosa. Kamu mungkin juga akan memiliki bola mata yang cekung dan gatal karena kurangnya kelembapan yang dibutuhkan untuk memproduksi air mata," ungkap penelitian ini.

"Penampakan fisik yang paling terlihat adalah bibir pecah-pecah, kulit kering, serta rambut yang kusam."

"Karena dehidrasi bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang membahayakan, maka deteksi dehidrasi sejak dini amatlah diperlukan. Saat kamu merasa bahwa kamu sangat haus atau pinggang belakang terasa sakit, segeralah minum air putih sebanyak yang kamu bisa. Kemudian karena anak kecil atau orang tua tidak bisa mendeteksi dehidrasi sedari dini dengan baik, maka selalu pastikan kamu mencukupi kebutuhan air minum orang yang kamu sayang." (mdk/feb)

7 Alasan mengapa kita sering lapar meski sudah makan

5 Penyakit yang mengintai saat kamu minum air yang dipanaskan ulang

Dari bau mulut hingga kram, ini 7 tanda tak biasa dari dehidrasi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami