Ini yang Bakal Terjadi Ketika Berat Badan Susut Hingga Puluhan Kg dalam Setahun

SEHAT | 12 Januari 2019 04:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Upaya habis-habisan untuk diet sehingga berat badan turun secara drastis hingga puluhan kilogram merupakan suatu hal yang mungkin dilakukan. Sebagai contoh, belakangan ini pemain sinetron Ricky Cuaca tampil sangat berbeda karena berat badan yang turun hingga 38 kilogram.

Lalu, sehatkah menurunkan berat badan hingga puluhan kg dalam hitungan satu tahun? Menurut dokter spesialis gizi klinik, Diana Sunardi, mengatakan bahwa saat menurunkan berat badan terbaik antara 0,5 - 1 kg per minggu.

"Untuk 38 kg berarti antara 38 minggu - 76 minggu (sekitar 9,5 - 19 bulan)," kata Diana.

Diana pun menyarankan untuk tidak menurunkan berat badan melebihi angka tersebut. Bila berat badan turun terlalu cepat malah merugikan organ-organ tubuh kita.

"Efeknya organ organ tubuh dapat terbebani karena terjadi penghancuran otot/lemak yang terlalu besar secara mendadak," kata wanita yang juga Staf Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo ini.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan apalagi dalam jumlah yang besar pertama-tama harus berkonsultasi ke dokter. Oleh tenaga profesional yang pakar di bidangnya, Anda tak cuma dibantu untuk memiliki berat badan ideal tapi juga sehat.

"Kalau mau diet, mau turun berat badan bagus, bonus sehat tolonglah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi klinik di sekitar Anda," kata dokter spesialis gizi klinik Cindiawaty Pudjiadi saat diwawancarai beberapa saat lalu.

Hal ini Cindi sampaikan mengingat asupan makan yang perlu dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan berbeda-beda. Seberapa banyak karbohidrat, protein, atau lemak yang perlu diturunkan tidak sama pada setiap orang.

Selain mengatur makanan yang masuk ke tubuh, baik Diana dan Cindi sama-sama juga menyarankan untuk berolahraga saat menurunkan berat badan, Cindi menyarankan olahraga sekita 3-5 kali seminggu masing-masing sekitar 30-60 menit.

"Bisa jalan cepat, jogging, atau apapun yang disukai. Jalan di mal juga bisa. Lalu, didukung dengan angkat beban," pesannya.

Reporter:Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Catherine Wilson Ungkap Cara yang Dilakukannya untuk Turunkan Berat Badan
Kacang-kacangan Dapat Menjadi Kudapan Paling Baik untuk Diet
Turunkan berat badan dengan diet es batu? Begini caranya
Pakar kesehatan ungkap bahaya di balik diet keto & food combining
Mengintip diet Meghan Markle, tips memilih nutrisi agar tubuh ramping dan kulit mulus
Penelitian: Tidur 20 menit lebih lama bisa bikin badan cepat kurus


(mdk/RWP)