Ini yang Bakal Terjadi pada Mata Ketika Kamu Tidur Tanpa Melepas Lensa Kontak

Ini yang Bakal Terjadi pada Mata Ketika Kamu Tidur Tanpa Melepas Lensa Kontak
Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock.com/Africa Studio
SEHAT | 26 Januari 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tidur dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak merupakan suatu hal mengganggu dan menyebalkan untuk dilakukan. Namun kadang karena kondisi tubuh yang terlalu lelah dan kantuk yang terlalu hebat, hal ini bisa saja terjadi.

Khusus untuk lensa kontak, tidur dengan memakainya tidak hanya menyebalkan namun juga berbahaya. Sejumlah dampak mengerikan bisa terjadi ketika pada mata ketika tidur menggunakan lensa kontak ini.

Dilansir dari Greatist, penggunaan lensa kontak ini bisa membuat kornea kesulitan untuk bernapas. Patut diketahui, kornea merupakan satu-satunya jaringan transparan di tubuh yang memperoleh oksigen dari udara.

Hal ini membuat ketika kamu menggunakan lensa kontak, maka asupan oksigen menjadi menurun dan menutup mata membuat jumlahnya semakin menurun. Kerry Assil, M.D, dokter mata dari Assil Eye Institute, Los Angeles menyatakan bahwa oksigen bisa berkurang secara kritis.

Tanpa oksigen, kornea bakal membengkak dan lebih menonjol, hal ini bisa memunculkan celah yang membuat bakteri bisa menyusup masuk. Bakteri ini bisa meningkatkan risiko infeksi mata hingga tujuh kali lipat. Kondisi mata yang tak memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama bisa membuat kondisinya memburuk semakin cepat.

Selain itu, terdapat kemungkinan juga bahwa lensa kontak yang kamu gunakan mengandung bakteri. Hal ini bisa semakin memperburuk kondisimu dan membuat mata memburuk.

Baca Selanjutnya: Masalah Muncul Ketika Mata Tertutup...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami