Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Ketika Kamu Makan Terlalu Banyak

Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Ketika Kamu Makan Terlalu Banyak
SEHAT | 23 November 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika makanan melimpah di hadapanmu, salah satu hal yang biasa kamu lakukan adalah dengan makan sebanyak-banyaknya. Tersedianya makanan lezat dan cuma-cuma di hadapanmu ini bisa jadi membuatmu lepas kendali dan kebanyakan makan.

Semua hal yang terlalu banyak ini tentu tidak baik bagi tubuh. Terlalu banyak makan merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatanmu.

Dilansir dari Insider, makan berlebih dijelaskan oleh Robert Glatter, M.D., asisten profesor di Lenox Hill Hospital, Northwell Health dalam dua hal. Seseorang terhitung makan berlebih ketika dia mengonsumsinya di atas kebutuhan tubuh serta di atas batas yang bisa kamu konsumsi.

Definisi makan berlebih ini bisa sangat subyektif dan tergantung pada tubuh seseorang. Terdapat beberapa faktor yang bisa menentukan apakah kamu makan berlebih.

Komposisi tubuh, usia, tinggi dan berat badan, jumlah kegiatan sehari-hari, pola tidur, serta kondisi medis, merupakan hal yang dapat dipertimbangkan untuk mengukur apakah kamu terlalu banyak makan.

"Seseorang dapat mengukur seberapa jumlah makanan terlalu banyak dengan menggabungkan jurnal makanan, kontrol porsi makan, serta memperhitungkan kebiasaan makan secara intuisi maupun penuh perhitungan," terang pakar diabetes dan kesehatan dari Blue Cross Blue Shield, Michigan, Grace Derocha.

"Taktik ini bisa digunakan untuk mempelajari perbedaan antara ketika kamu kenyang atau puas dibanding ketika lapar bisa membantu mengetahui apakah kamu makan terlalu banyak," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Bagaimana Cara Mengetahui Kamu Makan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami