Irsan Hasan ingatkan para calon pengantin lakukan tes hepatitis sebelum menikah

SEHAT | 29 Juli 2018 07:00 Reporter : Riski Amalia

Merdeka.com - Irsan Hasan selaku Ketua Perhimpunan Penelitian Hati Indonesia. Peringatkan bagi para calon pengantin untuk lakukan tes hepatitis terlebih dahulu. Virus penyakit hati ini, memang diketahui dapat menular melalui hubungan seksual.

Dengan melakukan tes hepatitis, kata Irsan, calon pasangan bakal mengetahui kondisi masing-masing. Jika hasil tes hepatitis menunjukkan salah satu satu pasangan terkena hepatitis B bisa menjalani pengobatan terlebih dahulu.

"Jika terkena hepatitis B, perlu divaksin untuk memberikan perlindungan," kata Irsan saat ditemui usai acara "Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis" di Jakarta ditulis Jumat (27/7/2018).

Pemberian vaksin diperlukan agar pasangan tidak tertular, selain itu, jika sudah menikah, bayi yang akan dilahirkan pun tidak tertular hepatitis B.

Di Indonesia, tercatat sebagian besar kasus hepatitis B terjadi karena keturunan. Penularan lewat darah ibu saat melahirkan bayinya.

Selain itu, pada beberapa waktu lalu Irsan Hasan juga sempat sampaikan kendala pasien yang kesulitan mendapatkan obat hepatitis B dan C terkait perizinan resep. Hal ini dikarenakan persebaran konsultan gastroenterologi di Indonesia yang tak merata.

Sumber: Liputan6.com

(mdk/mg2)