ISK bikin nyeri? Ini 4 cara untuk hilangkan nyerinya

SEHAT | 15 Agustus 2016 19:15 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - ISK atau infeksi saluran kemih adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika bakteri muncul di jalur uretramu. Selain membuat kencing yang keluar terasa panas, ISK juga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Biasanya, untuk menghilangkan nyeri tersebut maka dokter memberikan obat penghilang rasa nyeri. Namun, dilansir dari idiva.com, berikut adalah cara alami untuk menghilangkan nyeri akibat ISK.

Minum banyak air

Salah satu tips paling sederhana untuk menghilangkan nyeri karena ISK adalah minum banyak air. Sebab air akan membantu menghilangkan bakteri dari tubuh sehingga rasa nyeri akan berkurang.

Konsumsi vitamin C

Meminum air jeruk atau makan jeruk akan membuat urin lebih asam. Dan hal ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri dalam saluran kemih.

Kencing

Setelah minum banyak air, kamu tentu ingin kencing. Jangan ditahan! Sebab kencing akan membuat bakteri keluar dari dalam tubuhmu.

Minum campuran air dan baking soda

Baking soda adalah zat alkali sehingga mampu menetralkan keasaman urin serta meringankan ketidaknyamanan yang kamu rasakan saat kencing. Campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air yang kamu minum. Atau, kamu juga bisa mencoba untuk merebus peterseli segar dan kemudian minumlah air rebusannya.

Selain cara di atas, hindari meminum beberapa minuman yang bisa memperparah penyakit ISK seperti kafein, alkohol, atau minuman berkarbonasi lainnya.

Baca juga:

7 Kiat sederhana atasi anyang-anyangan yang mengganggu

3 Alasan utama kenapa kamu sering kebelet pipis

Yuk, deteksi kesehatan dengan mencium aroma urin!

3 Cara sederhana lawan ISK selain minum jus cranberry

(mdk/feb)