Jangan Diminum Sembarangan! Ini Sejumlah Bahaya Konsumsi Susu Mentah

Jangan Diminum Sembarangan! Ini Sejumlah Bahaya Konsumsi Susu Mentah
SEHAT | 2 Juli 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Susu sapi merupakan salah satu minuman sehat yang perlu kita konsumsi. Dalam mengonsumsi minuman ini, kita tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan dampak buruk.

Susu sapi tidak boleh dikonsumsi ketika dalam kondisi segar atau masih mentah. Dilansir dari Medical Xpress, susu mentah atau yang belum mengalami pasteurisasi memiliki kandungan gen yang tahan antimikrobial jika dibiarkan dalam temperatur ruangan.

Hal ini diketahui berdasar penelitian terbaru yang dilakukan di University of California, Davis. Penelitian juga mengungkap bahwa gen ini bisa berpindah pada bakteri lain.

"Kami tak bermaksud menakut-nakuti orang, kami hanya mau mengedukasi mereka. Jika memang masih ingin mengonsumsi susu mentah, pastikan disimpan di kulkas untuk meminimalisasi risiko berkembangnya bakteri dengan gen kebal antibiotik," terang Jinxin Liu dari UC Davis.

Selama ini, susu mentah selalu disebut memiliki kandungan probiotik atau bakteri sehat yang melimpah dibanding susu yang mengalami proses pasteurisasi. Namun penelitian ini jsutru membuktikan sebaliknya.

Baca Selanjutnya: Kandungan gen kebal antimikrobial di...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami