Jogging Lebih Enjoy dan Terhindar dari Cedera, Lakukan Persiapan Ini!

Jogging Lebih Enjoy dan Terhindar dari Cedera, Lakukan Persiapan Ini!
Jogging. ©Shutterstock
SEHAT | 22 Juli 2022 15:40 Reporter : Gilar Ramdhani

Merdeka.com - Ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda bisa mulai dengan melakukan jogging secara rutin. Tidak perlu peralatan khusus yang mahal, dapat dengan mudah dilakukan dengan mengelilingi kompleks rumah atau lapangan.

Jogging merupakan jenis olahraga aerobik di antara jalan santai dan lari, dengan kecepatan biasanya di bawah 14 km per jam. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari untuk menurunkan berat badan, memperkuat imunitas, baik untuk jantung hingga meningkatkan kesehatan paru-paru.

Meskipun mudah, tetap saja sebelum memulai jogging ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan.

1. Jangan makan berat

Ketika melakukan jogging semua anggota tubuh bergerak dan bekerja, sehingga membutuhkan banyak energi. Energi didapatkan dari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Cukup makan dengan porsi kecil, jangan terlalu banyak. Terpenting, beri jeda waktu sebelum mulai untuk jogging.

Sebaiknya juga hindari kafein dan pemanis buatan sebelum jogging karena dapat memicu detak jantung dan menimbulkan tekanan dalam perut selama berlari.

2. Pastikan kondisi prima

Meskipun olahraga yang mudah, Anda perlu memastikan tubuh dalam kondisi fit dan prima. Karena saat berlari energi yang dikeluarkan terbilang besar. Saat badan kurang prima, kamu bisa melakukan olahraga ringan atau stretching di dalam ruangan.

3. Pakaian dan sepatu yang nyaman

jogging
┬ęShutterstock

Gunakan pakaian yang menyerap, tidak terlalu ketat dan berpori, seperti bahan polypropylene atau coolmax dan supplex. Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan katun, karena cenderung menjadi basah ketika terkena berkeringat dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kaki sebagai pusat dari aktivitas berlari sehingga sangat penting memakai sepatu yang pas dan nyaman. Bukan hanya mencegah dari risiko cedera, tapi juga membuat lari lebih maksimal. Beberapa tips memilih sepatu di antaranya adalah model praktis dan lentur, alas kuat dan karet atau busa, bantalan empuk, ada bantalan tumit, tali tidak mudah copot dan tentu saja ukuran yang pas, nyaman di kaki dan tidak kebesaran.

4. Pemanasan dan pendinginan

Olahraga jenis apapun, baik ringan atau berat, Anda diwajibkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Manfaat pemanasan untuk memicu pergerakan otot yang menstimulasi gerakan. Dengan begitu, otot-otot tidak mudah tegang dan kita terhindari dari risiko kram serta cedera otot. Sementara itu, dengan melakukan pendinginan, Anda dapat mengurangi rasa pegal, risiko cedera dan meningkatkan kelenturan tubuh.

5. Kenali medan dan isyarat tubuh

jogging
┬ęShutterstock

Terlebih dahulu kenali medan atau lintasan yang akan digunakan untuk berlari. Seperti apakah menanjak, menurun, berliku atau licin, tingkat keramaian dan lainnya. Hal itu untuk mengantisipasi segala sesuatu mengingat jogging dan lari kebanyakan dilakukan di luar ruangan. Selain kenali medan, kamu juga perlu kenali isyarat tubuh. Jika merasa tidak nyaman, terlalu capek, jangan memaksakan diri, termasuk bila sudah lemas segeralah untuk minum air secara perlahan.

6. Tentukan tujuan dan target

Agar bisa terus termotivasi dan konsisten melakukan jogging, Anda bisa menentukan tujuan dan target. Sejauh mana berlari dan berapa lama Anda sanggup berlari. Ajaklah keluarga dan sahabat yang satu frekuensi supaya olahraga lebih semangat.

Itulah sejumlah persiapan penting yang dapat kamu lakukan sebelum jogging. Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya.

(mdk/gir)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini