Jus cranberry ampuh sembuhkan infeksi kandung kemih

Jus cranberry ampuh sembuhkan infeksi kandung kemih
SEHAT | 17 Juli 2013 12:32 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa jus cranberry bisa menyembuhkan infeksi kandung kemih. Ekstrak dari buah tersebut bahkan bisa membuat alat-alat kedokteran bebas bakteri.

Ratusan pasien mengalami komplikasi akibat penggunaan kateter. Alat yang digunakan untuk menyalurkan cairan ke dalam tubuh dan mengeluarkan urin tersebut menyebabkan bakteri dan kuman pada kulit lebih mudah masuk ke tubuh dan menginfeksi jaringan atau darah.

Kini sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa zat kimia dalam cranberry bisa menjinakkan bakteri tersebut sehingga tak berbahaya lagi jika digunakan pada tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi jus cranberry juga bisa mencegah infeksi saluran kemih hingga 100 tahun.

"Sementara efek cranberry pada makhluk hidup masih menjadi subyek yang harus digali lebih dalam, namun penelitian kamu menunjukkan bahwa konsumsi cranberry bisa mencegah infeksi kronis," ungkap profesor Nathalie Tufenkji dari McGill University, Montreal, seperti dilansir oleh Daily Mail (16/06).

Beberapa penelitian mengungkap bahwa cranberry bekerja dengan mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih. Kini penelitian menemukan bahwa bubuk cranberry bisa menghentikan bakteri penyebab infeksi kandung kemih untuk berkembang biak dan bergerak. (mdk/kun)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami