Kandungan Gula pada Minuman Bersoda Bisa Picu Munculnya Kanker

SEHAT | 25 Maret 2019 19:14 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Telah banyak penelitian mengungkap bahwa minuman bersoda memiliki banyak bahaya bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru mengungkap bahwa terdapat satu lagi risiko yang dapat muncul dari konsumsi minuman bersoda ini.

Dilansir dari NY Post, sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa mengonsumsi minuman bersoda yang manis dapat menimbulkan munculnya kanker usus. Pada penelitian tersebut, tikus yang mengalami kanker usus selama delapan bulan mendapat sejumlah takaran sirup jagung tinggi fruktosa yang setara dengan minuman bersoda pada orang dewasa.

Dosis yang diberikan ini disebut oleh peneliti dari Weill Cornell dan New York-Presbyterian sebagai biang keladi munculnya tumor usus yang lebih besar pada tikus. Hal ini tampak ketika dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi sirup tersebut.

Temuan penelitian ini dipublikasikan pada jurnal kesehatan Science. Peneliti menyebut bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah konsumsi sirup jagung tinggi fruktosa menimbulkan bertumbuhnya tumor di usus manusia.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa polip kolorektal mengonsumsi sirup jagung tinggi fruktosa dan menjelaskan mekanisme molekular yang menyebabkan hal ini berpengaruh pada pertumbuhan tumor," jelas peneliti, Dr. Lewis Cantley.

"Temuan dari penelitian yang kami lakukan pada tikus ini mendukung bukti bahwa gula mendorong pertumbuhan kanker," sambungnya.

Peneliti menyebut bahwa berdasar temuan mereka, orang dengan kanker usus atau yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tersebut sebaiknya menghindari minuman bergula.

"Jika kamu memiliki kecenderungan memiliki polip, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dengan pemanis gula," jelas peneliti, Dr. Marcus Goncalves.

"Jika kamu mengidap kanker usus, kamu malah memberi makan pada tumor dengan mengonsumsi sirup gula tinggi fruktosa," sambungnya.

Sebelumnya, telah terdapat sejumlah penelitian yang membuktikan minuman bersoda dan berkadar gula tinggi dapat memicu diabetes dan obesitas. Sedangkan kanker usus bisa muncul dari pola makan yang kebanyakan daging olahan serta rendah serat.

Baca juga:
5 Hal Sehari-hari di Rumah yang Tanpa Disadari Dapat Menyebabkan Kanker
Kenali Jenis Kanker Prostat Serta Cara Mengatasinya
Penderita Kanker Terus Meningkat Dari Tahun ke Tahun
Mengapa Kanker Hati Bisa Menyerang Anak Muda Seperti Gebi Ramadhan
4 Masalah Kesehatan yang Mengintai Para Pekerja Sif Malam
Penelitian: 5 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker jika Dikonsumsi Berlebihan
Bangun pagi setiap hari turunkan risiko kanker payudara hingga 48 persen

(mdk/RWP)