Kapan saat yang tepat dan aman untuk melakukan senam hamil?

SEHAT | 6 Juli 2016 09:15 Reporter : Sumber:

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Halo.Perkenalkan saya Komang dari Denpasar, Bali. Mau nanya, mulai umur berapa bulan kah ibu hamil melakukan senam hamil?

Jawaban

Senam hamil merupakan serangkaian gerakan-gerakan senam yang bermanfaat untuk mempersiapkan kondisi Anda menghadapi proses persalinan. Tidak hanya itu, jika dilakukan secara teratur, gerakan senam ini juga bermanfaat mengurangi keluhan-keluhan yang mungkin muncul saat Anda hamil. Terutama pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, seperti pegal-pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Anda dapat mulai melakukan senam hamil bahkan sejak bulan-bulan pertama kehamilan. Tetapi akan lebih optimal bila dilakukan saat kandungan mencapai 6 bulan keatas. Senam hamil terbukti aman baik bagi ibu dan janin selama dilakukan dengan tepat dan tidak ada kondisi lain yang membahayakan. Sebelum memutuskan mengikuti senam hamil, ada baiknya diskusikan terlebih dahulu kondisi kehamilan Anda dengan dokter atau bidan Anda.

Dijawab oleh dr. Jezy

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Umum. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.

(mdk/feb)