Kebanyakan makan mie jadi pencetus kanker payudara?

SEHAT | 19 April 2016 13:44 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Sampai saat ini kanker payudara masih menjadi penyakit yang menakutkan di kalangan kaum wanita. Sebab saat kamu terjangkit penyakit ini terutama juga sudah mencapai stadium yang parah maka bisa jadi kanker payudara akan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, menjauhi pemicu kanker menjadi solusi yang patut dilakukan.

Sebuah penelitian terbaru yang dipaparkan pada konferensi tahunan Experimental Biology mengungkapkan bahwa mengonsumsi mie atau makanan tinggi karbohidrat lainnya ternyata bisa menjadi pencetus kanker lho. Bahkan risikomu untuk terkena penyakit ini bisa tiga kali lipat lebih kuat.

Mengapa makanan berkarbohidrat tinggi bisa menjadi pencetus kanker? Hal ini disebabkan karena makanan bertepung ini menyimpan gula tersembunyi di dalamnya. Jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak, maka kadar gula dalam tubuhmu juga akan meningkat tajam. Kemudian insulin pun naik yang membuat potensi tumbuhnya sel kanker berkembang secara cepat. Terutama sel kanker payudara.

Lantas, solusi apa yang bisa kamu lakukan? Meskipun karbohidrat menyimpan potensi tumbuhnya kanker, namun bukan berarti kamu menjauhinya. Langkah sehat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti karbohidrat penuh tepung dengan karbohidrat yang lebih sehat dan mengandung serat seperti biji-bijian, gandum, maupun buah dan sayuran yang sarat akan nutrisi pelawan kanker.

Hati-hati ladies! 7 Jenis kanker ini hanya menyerang para wanita

Berniat beli bra? Jangan lupakan 5 tips ini

Usia terlalu dini memulai masa menstruasi? Makanan ini penyebabnya

Ini alasan sebaiknya wanita tak tidur tengkurap

(mdk/feb)