Kematian Teman Bisa Menyebabkan Dampak Fisik, Psikologi, dan Sosial pada Seseorang

SEHAT | 22 Mei 2019 13:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kematian teman terdekat yang dimiliki seseorang bisa membuat diri menjadi sangat terpukul. Namun siapa sangka bahwa efek yang ditimbulkan dari hal ini bisa jauh lebih lama dari yang kita duga.

Dilansir dari The Health Site, kematian teman dekat ini bisa mempengaruhi kondisi fisik, psikologi, dan sosial seseorang setidaknya empat tahun. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal PLOS ONE, menunjukkan bahwa trauma yang disebabkan karena kematian teman dekat ini dapat bertahan empat kali lebih lama dibanding yang disebut pada penelitian sebelumnya.

Peneliti menyebut bahwa kurangnya kesadaran seseorang mengenai waktu yang dibutuhkan untuk berduka menyebabkan munculnya masalah ini. Hasil temuan ini diketahui berdasar penelitian terhadap 26.515 orang Australia yang 9.586 di antaranya pernah memiliki setidaknya satu teman dekat yang meninggal

"Hasil penelitian ini menemukan bahwa orang yang berduka terhadap teman dekat mengalami perubahan signifikan pada kesehatan fisik, kesehatan mental, stabilitas emosi, dan kehidupan sosial," jelas peneliti Wai-Man (Raymond) Liu, Associate Professor di Australian National University (ANU).

Masalah yang dialami oleh seseorang ketika teman terdekatnya meninggal ini rupanya memiliki jangka waktu yang cukup lama. Liu mengatakan bahwa hal ini bisa meninggalkan efek hingga empat tahun.

"Kami menemukan bahwa terdapat penurunan yang serius pada kondisi kesehatan dan keseluruhan pada orang-orang yang mengalami kematian teman dekat dalam empat tahun belakangan," terang Liu.

"Kita semua tahu bahwa ketika seseorang kehilangan pasangan, orangtua, atau anak, orang tersebut cenderung mengalami masa berkabung yang signifikan. Hingga saat ini, kematian teman dekat yang mungkin dialami sebagian dari kita tidak ditanggapi secara serius oleh dokter, karyawan, dan masyarakat," tandasnya.

Baca juga:
Suka Membetulkan Bahasa Orang Lain? Barangkali Kamu Punya Masalah Kepribadian
Ini Penyebab Seseorang menjadi Mudah Marah dan Tersinggung Saat Puasa Ramadan
Begini Cara untuk Mendapatkan Kebahagiaan dalam Kehidupanmu Sehari-Hari
Dibanding Kesedihan, Amarah Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan pada Manula
Penelitian Ungkap Brokoli Ternyata Memiliki Khasiat untuk Tekan Munculnya Skizofrenia

(mdk/RWP)