Kenali 6 Gejala dari Intoleransi Laktosa yang Mungkin Tanpa Sadar Kamu Alami

Kenali 6 Gejala dari Intoleransi Laktosa yang Mungkin Tanpa Sadar Kamu Alami
SEHAT | 28 Oktober 2020 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak diketahui bahwa susu merupakan sebuah hal yang penting dikonsumsi untuk kesehatan dan pertumbuhan. Sayangnya, tak semua orang bisa mengonsumsi minuman ini tanpa efek samping.

Masalah pencernaan baik kembung atau diare setelah konsumsi susu bukan merupakan hal aneh yang kita alami. Kondisi ini sendiri dikenal dengan nama intoleransi laktosa.

Kondisi ini membuat kita kesulitan dalam mencerna susu dan hidangan lain berbahan sama yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang normal dialami oleh banyak orang Asia.

Kondisi ini disebabkan karena banyak orang Asia kekurangan laktase, enzim yang ditemui pada usus kecil. Dilansir dari CNA, dr Alex Soh, konsultan National University Hospital’s mengungkap bahwa enzim ini dibutuhkan untuk mencerna laktosa menjadi gula sederhana.

Terkait laktosa yang tidak dapat dicerna ini, dr Soh menyebut bahwa enzim ini berpindah melewati usus dan difermentasi oleh bakteri usus. Hal ini lah yang menjadi penyebab intoleransi laktosa.

"Gejala ini biasa muncul sekitar 30 menit hingga beberapa jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa," terang dr. Soh.

Untuk lebih memastikan lagi apakah kamu mengalami masalah ini atau tidak, penting bagimu untuk mengetahui berbagai gejala yang biasa menyertainya. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah gejala intoleransi laktosa yang mungkin kamu alami.

Baca Selanjutnya: Masalah di Perut...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami