Kenali Nokturia, Kondisi yang Buat Seseorang Terbangun untuk Kencing

Kenali Nokturia, Kondisi yang Buat Seseorang Terbangun untuk Kencing
SEHAT | 22 Desember 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu gangguan tidur yang biasa dialami oleh seseorang adalah terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Kondisi yang biasa berjalan sebagai nokturia ini seharusnya menjadi masalah kesehatan yang tidak disepelekan.

Nokturia dapat didefinisikan sebagai berapa kali seseorang berkemih dalam periode tidur utamanya, saat seseorang terbangun dari tidurnya untuk berkemih pertama kali dan setiap berkemih selanjutnya harus diikuti tidur atau keinginan untuk tidur.

Dokter spesialis urologi Harrina Erlianti Rahardjo menjelaskan, periode tidur utama yang dimaksud umumnya adalah tidur di malam hari. Namun, bukan tidak mungkin ada orang yang tidur utamanya terjadi di siang hari karena bekerja di malam hari.

"Semua harus dicatat pada catatan harian berkemih," kata Harrina.

"Kalau seandainya seseorang yang mengeluh dirinya begadang semalaman, kemudian bolak-balik kencing, itu tidak digolongkan dalam nokturia," kata Harrina dalam sebuah temu media virtual beberapa waktu lalu.

Ketua Indonesian Society of Female and Functional Urology (INASFFU) ini mengatakan bahwa nokturia terjadi apabila ada periode tidur, terbangun untuk buang air kecil, dan setelah itu kembali tidur.

Baca Selanjutnya: Mengganggu Kualitas Tidur...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami