Kenali Penyebab Kanker Otak, Penyakit yang Diderita oleh Agung Hercules

SEHAT | 2 Juli 2019 08:41 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu jenis penyakit kanker yang tengah ramai dibicarakan saat ini adalah kanker otak. Penyakit ini tidak bisa dihindari namun bisa dilakukan sejumlah cara untuk deteksi dini masalah ini.

Menurut dokter spesialis bedah saraf RSUPN Ciptomangunkusumo Jakarta, Renindra Ananda Aman, hingga saat ini belum ada pencegahan kanker otak. Yang bisa diupayakan adalah deteksi dini.

"Pada pasien yang berisiko, misalnya bekerja di pabrik plastik atau cat, maka baiknya dilakukan pemeriksaan," kata Aman.

"Namun, hingga saat ini, (bukan cuma di Indonesia) bahkan di dunia baru ketika ada keluhan baru memeriksakan ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan tertentu sehingga bisa dideteksi dini," kata Aman.

Ia juga mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada pemeriksaan dini kanker otak yang sifatnya massal.

"Misalnya pemeriksaan massal CT scan atau rontgen belum ada sampai sekarang karena sifatnya mahal," tuturnya.

Hingga kini, pemicu kanker otak belum diketahui secara pasti. Memang ada yang mengaitkan dengan paparan zat kimia tertentu, misalnya pekerja di pabrik cat atau plastik. Namun, setelah dilakukan penelitian tidak semua yang bekerja di situ terkena kanker otak.

Faktor risiko lain adalah terpapar radiasi, misalnya meledaknya bom atom di Jepang seperti disampaikan Aman. Ia juga mengatakan bahwa semakin bertambah usia seseorang, menambah faktor risiko seseorang terkena kanker otak.

"Untuk beberapa jenis kanker otak pada orang dewasa makin berumur dia makin besar kemungkinan terkena. Ada juga tumor otak yang hanya tumbuh pada anak," tandas Aman.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Sejumlah Pertanda Munculnya Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules
Kenali Tanda-Tanda Gejala Kanker Hidung Seperti yang Dialami Lee Chong Wei
Simpan Tali Pusat Bisa Berujung dengan Manfaat Menjaga Kesehatan di Masa Depan
Peneliti Temukan Bahwa Tingginya Stres Bisa Jadi Penyebab Munculnya Kanker
Tambahan Bahan yang Ada di Dalam Permen Karet Miliki Efek yang Bisa Timbulkan Kanker

(mdk/RWP)