Kenali Penyebab Nokturia, Kondisi yang Menyebabkan Terbangun untuk Buang Air Kecil

Kenali Penyebab Nokturia, Kondisi yang Menyebabkan Terbangun untuk Buang Air Kecil
SEHAT | 23 Desember 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Terbangun untuk buang air kecil di malam hari merupakan salah satu gangguan tidur yang dialami banyak orang. Kondisi ini dikenal sebagai nokturia dan perlu disikapi dengan waspada.

Nokturia didefinisikan sebagai berapa kali seseorang berkemih dalam periode tidur utamanya, saat seseorang terbangun dari tidurnya untuk berkemih pertama kali dan setiap berkemih selanjutnya harus diikuti tidur atau keinginan untuk tidur.

Harrina Erlianti Rahardjo, Ketua Indonesian Society of Female and Functional Urology, mengatakan bahwa ada beberapa penyebab mengapa nokturia bisa dialami oleh seseorang.

Harrina mengungkapkan bahwa kelainan saluran kemih bagian bawah, gangguan ginjal, hormonal, tidur, jantung dan pembuluh darah, psikologis, dan diet dapat menjadi penyebabnya.

"Biasanya memang kita curigai adanya (gangguan) prostat, kandung kemihnya over-aktif, jadi sedikit-sedikit mau kencing, termasuk malam hari. Bisa juga ada kelainan persarafan yang menyebabkan sisa kencingnya banyak sehingga harus bolak-balik ke kamar mandi termasuk malam," kata Harrina.

Masalah lain yang dapat menyebabkan nokturia misalnya penyakit ginjal, hormon, diabetes, menopause, gangguan tidur seperti mengorok.

"Untuk penyakit jantung, yang memerlukan obat-obatan yang membuat kencing jadi banyak, juga bisa timbul keluhan nokturia," kata Harrina yang juga Staf Medis Departemen Urologi FKUI-RSCM tersebut.

Baca Selanjutnya: Penting untuk Lakukan Pemeriksaan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami