Kenali Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Anak

Kenali Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Anak
SEHAT | 4 Agustus 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masalah berupa gangguan tidur merupakan hal yang tidak khusus dialami oleh orang dewasa saja namun juga pada anak balita dan remaja. Terdapat beragam faktor yang bisa menyebabkan hal ini baik dari faktor internal maupun eksternal.

Dokter spesialis anak dari ZAP Premier, dr. Eugenia Permatami Hermansyah, SpA mengatakan gangguan tidur pada anak dapat mengganggu pertumbuhan anak termasuk perkembangan otaknya. Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui penyebab dari gangguan tidur tersebut.

"Tidur itu adalah hal yang sangat esensial bagi setiap individu. Waktu tidur sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan balita," ujar dr. Eugenia dalam bincang-bincang daring, beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Setidaknya ada dua faktor utama penyebab gangguan tidur pada balita yakni internal dan eksternal. Gangguan tidur internal di antaranya, karakteristik anak, perilaku atau mood, kondisi medis dan riwayat perinatal seperti anak lahir dengan masalah pernapasan atau bayi prematur.

"Kalau anak dalam keadaan kurang fit, akan mempengaruhi kualitas tidur anak sehingga malam akan sering bangun dan siang mengantuk berlebihan. Bisa juga adanya riwayat gangguan pernapasan dan bayi yang prematur akan lebih berisiko mengalami gangguan tidur karena dia kan kelahiran awal sehingga organ-organnya belum sempurna," kata dr. Eugenia.

Baca Selanjutnya: Untuk faktor eksternal penyebabnya pun...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami