Kenali Sejumlah Dampak Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kulit Ikan

Kenali Sejumlah Dampak Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kulit Ikan
SEHAT | 27 Mei 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ikan merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Manfaat dari ikan ini bahkan bisa diperoleh dari bagian kulit ikan.

Secara terpisah kulit ikan tertentu bisa dikonsumsi dengan sendiri. Saat ini juga mudah ditemui cemilan kulit ikan dengan rasa yang luar biasa lezat.

Walau begitu, kudapan kulit ikan ini tidak begitu sehat karena tinggi lemak dan sodium akibat bumbu dan cara memprosesnya. Walau begitu, terdapat cara lain dalam mengonsumsi dan memasak kulit ikan ini.

Dilansir dari Medical Daily, cara untuk menghindari mengonsumsi kulit ikan yang tak sehat adalah dengan menghindari ikan dari air berpolusi dan yang dibesarkan dengan banyak zat kimia. Pada ikan jenis ini, sangat disarankan untuk membuang bagian kulit dan hanya mengonsumsi dagingnya.

1 dari 2 halaman

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Ikan

Pada kulit ikan, disarankan untuk menggoreng dan membakarnya serta tidak disarankan untuk mengukus dan merebusnya karena teksturnya bakal sangat kenyal. Beberapa ikan dengan rasa kulit yang lezat adalah bass, barramundi, makarel, serta salmon.

Konsumsi kulit ikan memiliki manfaat yang sama seperti mengonsumsi ikan secara keseluruhan. Walau begitu, namun perhatikan kandungan merkuri pada ikan serta batasi konsumsinya pada jenis-jenis tertentu.

2 dari 2 halaman

Manfaat Luar Biasa Kulit Ikan

Kaya Omega-3

Kulit merupakan salah satu bagian ikan yang kaya dengan omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki kandungan yang tersebar secara rata di kulit dan daging. Lemak tak jenuh juga sangat penting bagi kesehatan kardiovaskular, regenerasi sel, serta mencegah peradangan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan merupakan sumber kolaten dan vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Pada bagian kulit ikan, kandungan kedua hal ini cukup besar sehingga bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. (mdk/RWP)

Baca juga:
Amankah Memanasi Opor Hingga Berkali-Kali di Momen Lebaran?
Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Lebaran untuk Jaga Kesehatan Tubuh
Salah Satu Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung
5 Makanan yang Bisa Membantu Menghilangkan Kram Otot dengan Seketika
Deretan Makanan yang Bisa Menjaga Batas Kolesterol pada Saat Lebaran

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami