Kenali Sejumlah Manfaat Berpuasa pada Anak, Tingkatkan Disiplin Hingga Lebih Sehat

Kenali Sejumlah Manfaat Berpuasa pada Anak, Tingkatkan Disiplin Hingga Lebih Sehat
Ilustrasi Anak Berpuasa. ©Freepik
SEHAT | 3 Mei 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Membiasakan berpuasa pada anak merupakan hal yang biasa dilakukan orangtua ketika anak mulai berusia di atas lima tahun. Bagi anak, puasa ini tidak hanya menjadi ibadah semata namun juga bisa berdampak positif bagi kesehatan.

Dokter Spesialis Anak dr. Desy Dewi Saraswati, Sp.A dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan puasa bermanfaat untuk anak yang sedang belajar beribadah di bulan Ramadan, mengajari pola hidup disiplin melalui pola makan yang terjadwal sehingga tubuh anak akan lebih sehat.

"Tubuh anak menjadi lebih sehat, jadwal makan terjadwal, racun di dalam tubuh terbuang, anak menjadi belajar bersabar mengendalikan diri, melembutkan hati sang anak untuk membantu sesama, memupuk jiwa sosial tinggi pada anak, dan yang pasti dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” kata Desy beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Ketika berpuasa, anak juga diajari untuk belajar menahan hawa nafsu sehingga turut belajar cara bersabar dan mengendalikan diri. Kegiatan-kegiatan sosial seperti bersedekah juga banyak dilakukan selama Ramadan, orangtua pun dapat memperkenalkan anak untuk peduli terhadap orang-orang di sekitarnya.

Dokter mengatakan anak-anak yang belum mencapai masa pubertas perlu diajak belajar puasa sejak dini. Idealnya, orangtua bisa mengajak anak belajar puasa sejak mereka menginjak usia tujuh tahun.

Baca Selanjutnya: Cara Atur Pola Tidur dan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami