Kenali Sejumlah Tanda-Tanda dari Buah dan Ikan yang Terkontaminasi Formalin

Kenali Sejumlah Tanda-Tanda dari Buah dan Ikan yang Terkontaminasi Formalin
SEHAT | 14 Desember 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mengetahui kandungan yang terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi merupakan hal yang sangat penting. Komposisi makanan ini bisa membuat kita mengetahui hal apa yang kita perlukan.

Sayangnya, pada beberapa hal yang sesungguhnya sehat seperti buah, ikan, dan daging, terdapat bahaya yang mengancam. Sejumlah pedagang kerap kali berbuat lancung dan menggunakan formalin di makanan mereka agar lebih awet.

Keberadaan formalin ini tentu harus menjadi perhatian bagi kita. Mengonsumsi hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan terutama ketika dikonsumsi dalam waktu lama.

Penggunaan formalin ini bertujuan membuat makanan bertahan lebih lama dan harganya jauh lebih murah dibanding pengawet lainnya. Selain untuk pengawet, formalin ini juga digunakan sebagai pengubah tekstur makanan serta memperbaiki penampilannya.

Tanpa banyak disadari, sebenarnya terdapat dua jenis formalin yang bisa kita temui. Dilansir dari The Conversation, Dian Wuri Astuti, pengajar dari STIKES Guna Bangsa menyebut bahwa terdapat dua jenis formalin yaitu alami dan buatan.

Secara alami, semua bentuk kehidupan seperti bakteri, tanaman, ikan, hewan, dan manusia menghasilkan formaldehid, gas yang tidak mudah terbakar dan sangat reaktif, sebagai bagian dari metabolisme sel. Senyawa ini juga merupakan bahan kimia pembangun yang penting seperti produksi vaksin.

Formalin dapat ditemukan secara alami pada buah-buahan, sayuran, daging, serta ikan laut. Sebagai hasil dari metabolisme, sebagian besar organisme mengandung formaldehide dalam kadar rendah.

Baca Selanjutnya: Tanda-Tanda Makanan Ditambahi Formalin Buatan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami