Kenapa kepala jadi pusing saat lihat pola bergaris?

Kenapa kepala jadi pusing saat lihat pola bergaris?
SEHAT | 16 Maret 2016 09:10 Reporter : Sumber:

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Apakah penyebab kepala pusing saat melihat deretan pola bergaris?

Jawaban

Mekanisme melihat adalah saat gambar suatu benda jatuh pada kornea lalu diteruskan ke lensa mata. Lensa berperan agar bayangan benda jatuh tepat di retina. Bayangan yang berada di retina diteruskan ke saraf mata dan selanjutnya dihantarkan ke otak untuk diterjemahkan.

Kadangkala saat melihat sesuatu, otot pada mata dipaksa untuk bekerja lebih keras agar gambar yang diterima dapat terlihat tetap jelas. Untuk dapat melihat dengan lebih jelas, otot yang mengatur lensa mata yang berperan agar bayangan benda jatuh tepat di retina. Hal inilah yang menyebabkan otot menjadi teregang sehingga menimbulkan keluhan mata lelah, pandangan tidak jelas, dan sakit kepala. Hal ini dapat disebabkan oleh:

  • Miopia atau rabun jauh
  • Presbiopi atau rabun dekat
  • Astigmatisme

Keluhan di atas dapat diatasi dengan penggunaan kacamata yang tepat.

Dijawab oleh dr. Deffy

Minggu ini merdeka.com mengusung tema seputar Kehamilan. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah. (mdk/feb)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami