Kenapa Sih Hidung Selalu 'Meler' Ketika sedang Mengonsumsi Makanan Pedas?

Kenapa Sih Hidung Selalu 'Meler' Ketika sedang Mengonsumsi Makanan Pedas?
SEHAT | 8 Juni 2019 12:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Rini sedang asik menyantap ayam geprek nan pedas yang ada di hadapannya. Makanan pedas ini memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupannya dan menjadi santapan favoritnya.

Baginya mengonsumsi makanan pedas merupakan sebuah hal yang mutlak diperlukan sehari-hari. Namun ada satu hal yang paling dibencinya ketika mengonsumsi makanan pedas ini, yaitu hidung 'meler' yang menyertai rasa pedas ini.

Hal ini tentu sangat menyebalkan, jika tidak diusap maka air ini dapat menetas ke mulut sedangkan mengusapnya dapat membuat hidung kamu terkena sambal yang menempel di tangan kamu. Pertanyaan yang paling utama adalah mengapa hidung dapat berair ketika makan makanan pedas?

Dilansir dari Live Science, rasa pedas itu berasal dari kandungan capsaicin yang dimiliki oleh tanaman-tanaman yang memiliki rasa pedas. Selain capsaicin, rasa pedas juga dapat muncul allyl isothiocyanate, sebuah minyak yang dapat memberi rasa pedas di mulut. Kandungan ini biasa terdapat pada mustard dan wasabi.

Lalu apa hubungannya dua kandungan ini terhadap kondisi hidung berair? Ketika kamu mengonsumsi capsaicin dan allyl isothiocynate terjadi kondisi iritasi pada berbagai selaput yang melindungi paru-paru dan berbagai lubang di tubuh. Terbukanya berbagai lubang ini dapat menyebabkan berbagai jamur, bakteri, dan virus masuk ke tubuh.

Pada lubang hidung untuk mencegah masuknya hal-hal inilah maka diproduksi ingus dalam jumlah cukup banyak. Ingus dapat mencegah masuknya berbagai hal asing ke dalam tubuh. Hanya saja karena kandungan bakteri dalam tubuh yang masih cukup rendah sehingga ingus yang keluar cenderung lebih encer dan menyerupai air.

Jadi sebenarnya air yang keluar dari hidung ini adalah mekanisme perlindungan diri dari tubuh untuk mencegah masuknya berbagai hal asing ke tubuh. Jadi tak perlu khawatir dengan kondisi hidung 'meler' ketika mengonsumsi makanan pedas ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Gejala yang Tanpa Kamu Sadari Berhubungan dengan Stres
5 Tanda yang Bisa Jadi Petunjuk Bahwa Kamu Mengalami Eating Disorder
Apakah Nilai Gizi Makanan Bakal Berkurang Ketika Dipanasi?
7 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Paling Umum Dilakukan
Selain Masalah Kesehatan, Ini 3 Efek Buruk yang Dapat Dialami Ketika Kamu Kepanasan
Sahur Mi Instan Bisa Buat Badan Jadi Lemas Ketika Berpuasa

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami