Kentang Bisa Jadi Sumber Karbohidrat yang Sangat Cocok untuk Atlet

SEHAT | 24 Oktober 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kentang merupakan salah satu makanan kaya nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Penelitian terbaru mengungkap bahwa makanan ini juga bakal sangat cocok untuk orang dengan gaya hidup sangat aktif.

Dilansir dari Medical Daily, umbi-umbian ini bisa bekerja sangat efektif sebagai gel karbohidrat. Hal ini bisa membantu meningkatkan performa fisik atlet yang mengonsumsinya.

Temuan terbaru ini telah dipublikasikan pada Journal of Apllied Physiology. Diketahui bahwa manfaat kesehatan dari kentang bisa membantu memperpanjang olahraga dan menjaga tingkat gula darah selama aktivitas fisik.

Peneliti menganalisis kesehatan dan performa atlet yang berolahraga secara rutin setiap minggu selama setahun.

"Kentang merupakan alternatif yang menjanjikan bagi atlet karena mereka hemat, penuh nutrisi, dan sumber karbohidrat yang tepat," tulis hasil penelitian tersebut.

"Lebih lanjut, mereka merupakan bahan makanan yang lezat ketika dibandingkan dengan pemanis yang tinggi dari gel (karbohidrat)."

1 dari 2 halaman

Penelitian Dilakukan pada 12 Atlet

Untuk penelitian ini, tim peneliti mengumpulkan 12 atlet yang sehat dan aktif. Peneliti meminta partisipan untuk melakukan aerobik dan tantangan bersepeda selama 120 menit.

Atlet ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu yang mengonsumsi hanya air saat olahraga, yang mengonsumsi gel karbohidrat, dan mereka yang mengonsumsi kentang. Partisipan ini kemudian melakukan olahraga yang menunjukkan kondisi olahraga sesungguhnya.

Peneliti kemudian menganalisis gula darah, temperatur tubuh, intensitas olahraga, perut kosong, serta gejala gastrointestinal.

"Kami menemukan tidak ada perbedaan antara performa olahraga yang mendapat karbohidrat melalui kentang atau gel pada jumlah yang direkomendasikan sekitar 60 gram per jam selama eksperimen," terang Nicholas Burd, peneliti dan professor di University of Illinois.

"Kedua kelompok menunjukkan peningkatan yang signifikan pada performa dibanding orang yang hanya mengonsumsi air," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Tampak pada yang Mengonsumsi Kentang

Grup yang mengonsumsi baik kentang dan gel menunjukkan tingkat yang sama dari peningkatan konsentrasi plasma glukosa selama olahraga. Mereka juga mengalami peningkatan detak jantung serta performa yang lebih cepat.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa sumber makanan karbohidrat bisa jadi alternatif untuk meningkatkan performa atlet. Walau begitu, ada kemungkinan efek samping dari konsumsi kentang ini yaitu kembung di perut serta munculnya rasa sakit. (mdk/RWP)

Baca juga:
Menurut Dokter Jantung, Begini Cara Tetap Ngemil Sehat Walau Sedang Bekerja
Konsumsi Mangga Secara Teratur? Ini 5 Manfaat Kecantikannya
Menikmati Makanan Vegetarian di Bengaluru Aaharotsava
5 Makanan yang Bisa Membantu Kadar Asam Urat Tetap dalam Batas Aman
4 Dampak Negatif yang Bisa Kamu Alami Saat Menerapkan Juicing Diet