Kesehatan Gigi dan Mulut Jadi Kunci Jaga Kekebalan Tubuh

Kesehatan Gigi dan Mulut Jadi Kunci Jaga Kekebalan Tubuh
Ilustrasi mulut. Shutterstock/Robert Kneschke
SEHAT | 18 Mei 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, kekebalan tubuh yang prima sangat penting untuk mencegah penularan virus. Selain makan yang cukup, menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan cara penting untuk menjaga sistem imun.

”Mulut yang sehat mempertahankan sistem kekebalan tubuh untuk melawan pengganggu lainnya,” kata drg Anggi Pratiwi beberapa waktu lalu.

Bila malas atau tidak rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut hal ini bakal memicu sejumlah masalah. Mulai dari gusi bengkak, gusi mudah berdarah saat menyikat gigi dan flossing serta munculnya tartar yang menunjukkan terjadinya pengerasan plak, dan gigi berlubang (karies).

Jika dibiarkan atau tidak dilakukan perawatan bisa menyebabkan infeksi yang terjadi pada rongga mulut bukan tidak mungkin akan dapat menyebabkan tiga penyakit lanjutan lain seperti, penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus, dan aterosklerosis.

2 dari 2 halaman

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara paling utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi bisa membersihkan 30-53 persen plak di gigi. Akan lebih baik juga bila membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing) sebelum menggosok gigi.

Bila ingin maksimal melenyapkan bakteri yang ada di mulut, tambahkan dengan berkumur menggunakan obat kumur sesudah menggosok gigi.

“Menambahkan berkumur menggunakan obat kumur pada rangkaian perawatan mulut secara menyeluruh dapat membantu mengurangi kuman dan membuat mulut lebih bersih," tandasnya.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Kondisi Gusi Berdarah yang Mengganggu
8 Cara Mudah Menghilangkan Masalah Sariawan yang Mengganggu di Mulut
5 Cara Cegah Munculnya Bau Mulut Menurut Dokter Gigi
6 Cara Cegah Bibir Kering saat Menjalani Puasa Ramadan
5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Tetap Prima selama Bulan Ramadan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami