Ketahui Vitamin yang Dibutuhkan oleh Pasien COVID-19 Bergejala Ringan

Ketahui Vitamin yang Dibutuhkan oleh Pasien COVID-19 Bergejala Ringan
Ilustrasi vitamin. ©2012 Shutterstock/Africa Studio
SEHAT | 25 Januari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi pasien COVID-19 yang bergejala ringan, beragam hal bisa dilakukan untuk mengatasi kondisinya. Hal ini termasuk pemberian vitamin pada pasien tersebut.

Dokter spesialis paru yang menangani kasus COVID-19, Sylvia Sagita Siahaan mengatakan, setidaknya ada dua vitamin yang direkomendasikan untuk pasien COVID-19 tanpa gejala dan bergejala ringan yakni C dan D.

"C, D. Sifatnya suportif saja," kata Sylvia beberapa waktu lalu.

Vitamin C seperti dikutip dari Medical News Today, merupakan antioksidan yang dapat melawan kerusakan oksidatif akibat proses melawan penyakit. Vitamin ini juga membantu fungsi kekebalan tubuh yang sehat dengan mendukung perkembangan sel darah putih.

Dalam perannya sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu melawan peradangan, yang dapat merusak paru-paru dan organ lainnya. Sylvia merekomendasikan 500 mg per enam jam oral tablet vitamin C non acidic untuk 14 hari atau tablet isap vitamin C 500 gram per 12 jam oral selama 30 hari atau multivitamin yang mengandung vitamin C 1-2 tablet per 24 jam selama 30 hari.

Sementara untuk vitamin D, pasien bisa diberikan suplemen vitamin D 400-1000 IU per hari. Suplemen ini bisa dalam bentuk tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet kunyah, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk ataupun sirup.

Baca Selanjutnya: Vitamin D Juga Bisa Diberikan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami