Ketika Anda berkemih dan menemukan ini, segera kunjungi dokter!

SEHAT | 3 September 2015 07:09 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Ketika Anda berkemih dan menemukan ada sesuatu yang aneh pada urine Anda, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. Perubahan warna dan bau pada urine bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu, yang mungkin saja bersifat serius. Nah, berikut adalah perubahan warna, bau, dan kondisi lain yang terjadi pada urine yang perlu Anda waspadai.

1. Memiliki bau manis

Bau urine yang manis bisa menjadi petunjuk penting dalam diagnosis diabetes. Hal itu diungkapkan oleh Holly Phillips, M.D., seorang spesialis kesehatan dan kontributor medis untuk CBS2 News di New York City.

2. Urine tampak berkabut

Bila urine tampak berkabut, itu menjadi tanda bahwa ada bakteri yang di saluran kemih Anda. Ini merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Kabut yang tampak pada urine berasal dari ekskresi bakteri dan leukosit, sel yang bertugas melawan infeksi.

3. Berbau busuk

Jika urine berbau busuk, Anda harus segera mengambil tindakan. Itu menjadi tanda bahwa ada infeksi pada saluran kemih.

4. Sensasi terbakar saat berkemih

Saat Anda buang air kecil, Anda merasakan sensasi yang menyengat atau bahkan sakit? Itu bisa disebabkan oleh ISK atau PMS (Penyakit Menular Seksual) seperti klamidia atau gonore.

5. Ingin kencing tetapi tidak ada yang keluar

Ini adalah gejala utama dari ISK, yang menyebabkan lapisan kandung kemih atau uretra meradang dan teriritasi. Kondisi itu membuat Anda ingin terus-menerus buang air kecil.

Inilah lima kondisi yang harus Anda waspadai ketika buang air kecil. Bila Anda menemukan perubahan di atas, segera kunjungi dokter untuk memeriksakannya. (mdk/des)

Baca juga:

Hati-hati, ISK mampu pengaruhi kesehatan ginjal

Sering kencing? Bisa jadi itu tanda awal ISK

6 Cara ampuh basmi kuman penyebab infeksi saluran kencing

Kebelet pipis? Jangan buru-buru pergi ke toilet!

Keluar darah saat kencing? Ini penyebabnya!

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.