Kondisi Gigi Palsu Tidak Pas Bisa Buat Lansia Kesulitan Makan

Kondisi Gigi Palsu Tidak Pas Bisa Buat Lansia Kesulitan Makan
SEHAT | 23 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada orang lanjut usia (lansia), gigi palsu merupakan salah satu benda yang sangat mereka butuhkan. Tidak hanya memperbaiki penampilan saja, gigi palsu yang tepat ini berperan penting dalam makan.

Menurut konsultan geriatri Dr. dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD-KGer, MEpid, MPH gigi palsu yang tidak pas bahkan bisa menimbulkan rasa sakit ketika dikenakan.

“Hal ini tentu saja akan menyulitkan proses makan sehingga lambat laun akan menyebabkan gizi buruk. Masalahnya, acap kali orangtua itu enggan menyampaikan kepada keluarganya kalau ada masalah dengan gigi palsunya,” ujar Czeresna beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, lansia juga bisa saja tidak mengerti bahwa ada masalah dengan gigi palsunya atau takut merepotkan keluarga jika bicara tentang ketidaknyamanannya.

“Pintar-pintarnya kita untuk mengidentifikasi hal-hal yang tidak menyenangkan bagi mereka. Bukan saja gigi palsunya yang enggak pas, kedudukannya enggak enak, atau ada sisa gigi yang belum terkikis dengan baik sehingga mengganggu kedudukan gigi palsu, tapi juga perawatan gigi palsu yang tidak baik sehingga jadi kotor dan jadi sumber infeksi yang menyebabkan gatal, dan tak nyaman. Itu juga patut kita perhatikan dan cek,” terangnya.

Baca Selanjutnya: Penyakit Kronis...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami