Konsumsi Buah saat Kehamilan Bisa Buat Kecerdasan Anak Meningkat

Konsumsi Buah saat Kehamilan Bisa Buat Kecerdasan Anak Meningkat
SEHAT | 2 Maret 2020 17:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika tengah hamil, konsumsi makanan tepat merupakan hal yang penting dilakukan demi kesehatan orangtua dan bayi yang dikandung. Makanan sehat seperti buah dan sayur sangat penting untuk dikonsumsi karena manfaatnya.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak buah selama kehamilan bakal mengalami manfaat pada perkembangan bayinya. Secara khusus, perkembangan ini dialami pada kognitif bayi.

"Hasil penelitian kami membenarkan hasil dari penelitian sebelumnya yang dilakukan CHILD yang menemukan bahwa konsumsi buah pada ibu hamil mempengaruhi kondisi kognisi bayi hingga setahun setelah kehamilan," terang peneliti Claire Scavuzzo.

"Walau temuan dari penelitian (sebelumnya) cukup menjanjikan, mereka tidak menemukan bahwa konsumsi buah menyebabkan pertumbuhan kognisi bayi dibanding faktor lainnya," sambungnya.

Untuk menentukan apakah buah merupakan faktor yang mempengaruhi kognisi bayi, peneliti menyiba mengulang temuan dari penelitian sebelumnya. Pada penelitian ini dilakukan percobaan juga pada tikus.

1 dari 1 halaman

"Hasil temuan kami mengulang apa yang ditemukan pada manusia dan lalat buah. Pada cara terkontrol dan terbatas, kamu mengonfirmasi peran dari paparan buah sebelum kehamilan pada perkembangan kognitif bayi baru lahir," terang Scavuzzo.

"Kami melihat hal ini sebagai informasi yang sangat berharga pada ibu hamil, karena memberi non-farmalogikal, intervensi pola makan untuk meningkatkan perkembangan otak bayi," sambungnya.

Hasil temuan ini sekaligus melengkapi bukti mengenai pentingnya peran makanan yang tepat pada pola makan ibu hamil. Hal ini juga berdampak pada bayi yang dikandungnya.

"Pikiran bahwa nutrisi mungkin berdampak pada kesehatan mental dan kognisi baru-baru saja mulai mendapat perhatian," terang peneliti Rachel Ward-Flanagan.

"Banyak orang ingin untuk memberi anak mereka awal terbaik. Berdasar penelitian kami, pola makan tinggi buat merupakan salah satu cara yang memungkinkan untuk mendapatkannya," sambungnya. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Perawatan Kecantikan yang Berisiko ketika Dilakukan saat Hamil
8 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama
4 Jenis Olahraga yang Bermanfaat untuk Mempersiapkan Tubuh Sebelum Kehamilan
Bagi Ibu Hamil, Ini Tips yang Harus Dilakukan untuk Cegah Persebaran Virus Corona
5 Cara Mudah bagi Ibu Hamil untuk Hilangkan Masalah Morning Sickness
Stres pada Ibu Hamil Bisa Buat Anak Lebih Rentan Dermatitis Atopik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami