Konsumsi Jus Sayuran, Ini Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui

Konsumsi Jus Sayuran, Ini Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi jus sayur. www.dreamers.id
SEHAT | 5 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi sayuran merupakan hal yang penting kita lakukan demi kondisi tubuh kita. Sayuran ini tidak hanya bisa kamu konsumsi secara langsung saja namun juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang mendalami hubungan penyakit, nutrisi, dan psychoneuroimmunology, Benny Parulian, menyarankan Anda meminum jus sayuran sebelum menyantap makanan padat.

"Sebelum makan makanan padat supaya nutrisi terserap duluan karena kalau sudah ada makanan masuk, terus kita minum jus, nutrisi dalam jus ngantri dulu dari proses pencernaan si makanan padat, kadang proses pencernaan tadi malah merusak nutrisi jus," kata dia yang menjabat sebagai Ketua Riset Medis nakedpress, dilansir dari Antara beberapa waktu lalu.

Benny mengatakan, kandungan jus yang disarankan mengandung beragam jenis sayuran hijau misalnya 3-4 jenis, variasikan dengan sayuran berwarna lain misalnya merah seperti tomat, oranye dari wortel, atau bisa juga ditambah buah dan kacang-kacangan.

Dia tak menyarankan Anda terlalu mementingkan buah ketimbang sayur agar tak berujung semata mendapatkan karbohidrat, sementara mineral, vitamin dan fitonutrisi kebanyakan ada di sayuran. Di lain sisi, sebenarnya buah bisa memberikan rasa enak di dalam jus Anda.

"Nutrisi di sayuran itu seperti puzzle dan mereka harus saling melengkapi supaya memberikan manfaat yang besar untuk tubuh," kata dia.

Baca Selanjutnya: Minum Jus Bukan Merupakan Pengganti...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami