Konsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

SEHAT | 17 Januari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Jenis makanan yang kamu konsumsi bisa sangat berpengaruh terutama ketika kamu menurunkan berat badan. Makanan sehat kaya nutrisi yang kamu konsumsi bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Dilansir dari Times of India, mengonsumsi makanan yang sama setiap hari bisa menjadi cara yang cukup membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini termasuk konsumsi makanan yang sama saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

Walau bakal sangat membosankan untuk mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, hal ini bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, ketika mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, respons tubuh terhadap stimulus bakal menurun dan bisa membantu mencegah munculnya obesitas.

Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa beragam jenis makanan yang dikonsumsi bisa membuat gemuk dan meningkatkan berat badan. Hal ini terjadi pada orang yang mengonsumsi berbagai jenis cemilan dibanding yang janya mengonsumsi satu jenis.

1 dari 2 halaman

Manfaat Pilihan Makanan yang Terbatas

Terpisah, penelitian lain juga menunjukkan bahwa rasa dan tekstur yang berbeda bisa membuat seseorang menjadi makan secara berlebihan. Ketika seseorang hanya memiliki pilihan makanan yang terbatas, mereka cenderung makan dalam jumlah lebih sedikit.

Ketika pilihan makanan menjadi terbatas, sangat mudah untuk memperhatikan sinyal tubuh dan mengetahui ketika perut sudah kenyang. Tidak tahu bahwa kamu sudah kenyang bisa menyebabkan kamu makan berlebih dan menjadi penyebab bertambahnya berat badan.

Konsumsi makanan yang sama ini juga bakal sangat menghemat waktu dan kamu tidak membutuhkan perencanaan. Pilihan makanan yang sama ini bisa menghemat waktumu dalam menentukan pilihan makanan.

2 dari 2 halaman

Dampak Negatif Pilihan Makanan yang Terbatas

Mengonsumsi makanan yang sama setiap hari memang bisa membantumu menurunkan konsumsi makanan. Namun, hal ini bisa memperlambat metabolisme tubuh yang berdampak buruk pada jangka panjang.

Pada saat ketika kamu berhenti mengonsumsi makanan yang sama, maka kamu bakal menginginkan semua hal sehingga kamu jadi makan secara sembarangan. Hal ini bisa membuatmu menjadi makan berlebih dan memupuskan segala upayamu.

Mengonsumsi menu makanan yang sama ini hanya disarankan untuk dilakukan dalam jangka pendek. Ketika kamu hendak melakukannya dalam jangka panjang, sebaiknya berkonsultasi dengan pakar nutrisi lebih dahulu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Minum Kopi dan Teh Secara Teratur Bisa Jadi Cara Cegah Bertambahnya Berat Badan
5 Cara Diet Populer yang Faktanya tak Menimbulkan Efek Maksimal
6 Rempah-Rempah yang Bisa Membantu Kamu untuk Menurunkan Berat Badan
6 Minuman Penurun Berat Badan, Cocok Banget Buat Diet
Cara Mudah Kurangi Kalori Tanpa Buat Perut Jadi Lapar
4 Cara Mudah dan Murah untuk Menguruskan Badan yang Bisa Kamu Coba
8 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Aman

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.