Konsumsi Meniran, Kunyit dan Daun Kelor untuk Perkuat Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi

Konsumsi Meniran, Kunyit dan Daun Kelor untuk Perkuat Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi
Ilustrasi daun kelor. ©Tantri Setyorini
SEHAT | 30 November 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, meningkatkan kekebalan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini bisa diperoleh termasuk dengan mengonsumsi herbal yang mengandung imunomodulator.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal), menjelaskan imunomodulator adalah zat yang dapat memodifikasi respons imun dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

"Imunomodulator terbagi menjadi dua, yaitu: Imunostimulan dan Imunosupresif. Imunostimulan adalah senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun yang berfungsi untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. Sedangkan imunosupresif adalah senyawa yang digunakan untuk menekan respons imun," terangnya.

Lebih lanjut dr. Inggrid Tania, mengatakan, Indonesia kaya akan herbal alami yang mengandung imunomodulator seperti meniran, kunyit dan daun kelor.

"Komponen catechin, quercetin dan phyllantin dalam meniran dapat menghambat proses peradangan yang berlebihan dan berfungsi sebagai imunomodulator pada Covid-19," katanya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Meniran

"Meniran efektif membantu memelihara daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem imun. Daun kelor kaya akan nutrisi dan memiliki tiga senyawa flavonoid (isorhamnetin, kaempferol, apigenin) yang dapat menghambat protein M-pro virus SARS-CoV-2," ujarnya.

Selain untuk memproteksi diri dari Covid-19, herbal bisa juga dikonsumsi dalam masa penyembuhan. Contohnya kunyit yang memiliki senyawa curcumin dapat menghambat badai sitokin yang merupakan komplikasi serius yang biasa diidap pasien Covid-19.

Selain itu, kata dr Inggrid, meniran memiliki khasiat sebagai minuman obat untuk meningkatkan sistem imun, dengan senyawa quercetin dan quercitrin yang memiliki kemampuan untuk berikatan dengan Mpro dari SARS-CoV-2, sehingga berpotensi dijadikan inhibitor terhadap Mpro dari SARS-CoV-2 dan dapat dikembangkan menjadi obat untuk melawan virus Corona.

Sedangkan pada kunyit terdapat senyawa kurkumin yang memiliki aktivitas antivirus sehingga dapat melawan berbagai macam virus. Selain itu senyawa kurkumin dapat berikatan langsung dengan S protein dari virus SARS-CoV-2 dan ACE2 reseptor yang akan menghambat pelekatan virus pada sel inang manusia.

3 dari 3 halaman

Kombinasi Herbal

Brand Manager Imugard, apt. Agie Avionico Gaudart, S. Farm., menjelaskan, kombinasi 3 herbal meniran, daun kelor dan kunyit bisa membantu memelihara daya tahan tubuh, memberi asupan nutrisi yang diperlukan, dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

"Meniran, daun kelor dan kunyit sudah terbukti memiliki khasiat dan aman digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Imugard aman dikonsumsi setiap hari bagi anak diatas 12 tahun, dewasa, hingga lansia," katanya.

Ketiga bahan alami ini bisa didapatkan dalam bentuk kaplet dan bisa dikonsumsi setiap hari sedangkan jika tubuh dirasa sedang drop bisa mengonsumsi 2 kaplet setiap harinya.

"Jika daya tahan tubuh kembali normal dapat diminum 1 kaplet sehari untuk menjaga daya tahan tubuh," pungkas Agie.

Reporter: Fitri Syarifah
Sumber: Liputan6.com

(mdk/RWP)

Baca juga:
Cara Tepat Buat Anak Terbiasa Memakai Masker Untuk Cegah Covid-19
Cara Jaga Kesehatan Mental agar Tubuh Bisa Tangkal Covid-19
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Kala Kembali WFO Setelah Lama WFH
Pakai Masker Efektif Tekan Kasus Covid-19 Hingga 53 Persen
Cara Tingkatkan Imun Cegah Paparan Covid-19 Jelang Nataru
Lakukan Vaksinasi, Jadikan 2022 Tahun Terakhir Pandemi Covid-19
Tingginya Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami