Kurang Tidur Selama 16 Menit Bisa Sebabkan Harimu di Kantor Jadi Berantakan

SEHAT | 29 April 2019 16:12 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kekurangan tidur bahkan dalam jangka waktu yang sangat singkat ternyata bisa menimbulkan efek besar terhadap kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa kekurangan tidur selama 16 menit bisa sangat mempengaruhi dirimu.

Dilansir dari The Health Site, kekurangan tidur selama 16 menit selama hari kerja disebut bisa sangat mempengaruhi performamu di tempat kerja. Temuan ini didapat dari hasil penelitian di University of South Florida (USF).

Dari penelitian yang mereka lakukan, diketahui bawa seorang pekerja cenderung memiliki penilaian lebih buruk dan gagal menyelesaikan tugas pada esok hari ketika mereka kekurangan jam tidur ini.

"Temuan dari penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai alasan bagi tempat kerja untuk lebih mendorong karyawan mereka untuk tidur," ujar Soomi Lee, peneliti utama dan asisten profesor pada bidang kajian penuaan di University of South Florida (USF).

Kesimpulan ini didapat setelah dilakukan survei terhadap 130 karyawan yang bekerja di bidang TI dan setidaknya memiliki satu anak yang tengah sekolah. Partisipan melaporkan bahwa ketika mereka tidur lebih sebentar 16 menit dibanding biasanya serta memiliki kualitas tidur yang buruk, mereka cenderung mengalami masalah kognitif pada esok harinya.

Masalah yang muncul ini kemudian meningkatkan tingkat stres mereka terutama pada masalah yang menyangkut keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Hal ini kemudian menyebabkan mereka lebih cepat tidur dan bangun lebih awal karena kelelahan.

"Orang yang tidur dengan baik mungkin memiliki performa yang lebih baik di tempat kerja karena lebih mampu untuk menjaga fokus pada tugas dengan lebih sedikit kesalahan dan konflik interpersonal," terang Lee.

Lee juga menjelaskan bahwa kurangnya jam tidur dapat menjadi pembeda dari hari di kantor dengan pikiran jernih atau hari di kantor dengan banyak gangguan. Jam tidur karyawan ini sangat menentukan tingkat stres kognitif mereka.

Masalah kognitif ini namun tidak menimbulkan efek yang besar jika kekurangan tidur ketika akhir pekan. Hal ini bakal sangat pengaruh ketika seseorang harus bekerja dan melakukan sejumlah tugas.

Baca juga:
Anak di Atas Usia 2 Tahun Ternyata Sudah Tidak Membutuhkan Tidur Siang Lagi
6 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kamu Jadi Sering Menguap
Wanita Ternyata Membutuhkan Tidur Lebih Lama Dibanding Pria
Piyama dengan Jenis Kain Ini Bakal Bikin Tidur Lebih Lelap
Dampak yang Muncul dari Setiap Posisi Tidur Terhadap Kulit Kamu
Demi Kesehatan, Sejumlah Hal ini Haram Kamu Lakukan di Atas Tempat Tidur
Dari Pelupa Hingga Kematian, Berikut Bahaya Kalau Kamu Tidur Terlalu Lama

(mdk/RWP)