Lebih Baik Mana Antara Minum Susu Sebelum atau Sesudah Makan?

SEHAT | 11 September 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Minum susu sebelum makan mungkin akan membuat kenyang. Apalagi memberikan susu pada anak sesaat menjelang makan. Nafsu makan anak bisa saja menjadi berkurang.

Lantas lebih nyaman minum susu sebelum atau sesudah makan? Ahli gizi Hardinsyah menjawab, minum susu, baik sebelum atau sesudah makan tergantung dari kebiasaan seseorang.

"Ada yang punya kebiasaan minum susu sebelum makan karena membuat kenyang duluan. Jadi, pas makan pokoknya sedikit. Sebenarnya itu (minum susu) tergantung kebiasaan. Sama saja seperti minum air putih. Ada orang yang minum air dulu baru sarapan," ungkap Hardinsyah saat ditemui .

"Ada juga orang yang sarapan dulu baru minum air. Sesuaikan saja dengan nyamannya kita," sambungnya.

Dari segi jumlah, minum susu juga disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Ada yang biasa minum susu hanya setengah gelas, satu gelas atau dua gelas.

Beberapa orang terbiasa minum susu ketika lapar untuk membuatnya merasa kenyang. Namun ada juga tipe orang yang tetap merasa perlu makanan padat sebelum minum susu. Hal itu terkait pada kebiasaan masing-masing orang.

Selanjutnya, minum susu sebelum tidur malam pun dianjurkan. Ini karena kandungan zat pada susu membantu kita untuk tidur.

"Minum susu di malam hari (sebelum tidur) memang ada manfaatnya. Karena susu mengandung asam amino triptofan yang membantu bentuk serotonin (hormon bahagia) sehingga menimbulkan rasa nyaman untuk tidur," tambah Hardinsyah yang baru-baru ini diangkat sebagai Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia.

Hardinsyah juga mengingatkan, setelah minum susu di malam hari sebaiknya sikat gigi dulu. Rasa manis dari tambahan gula pada susu akan menempel pada gigi.

Bakteri bisa bereaksi terhadap gula yang bisa mengubahnya menjadi bersifat asam. Kandungan asam ini bisa menyerang gigi dan pada jangka panjang bisa mengakibatkannya menjadi rapuh dan rusak.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pentingnya Asupan Serat yang tepat Bagi Kesehatan Pencernaan Anak
6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit
Begini Cara Mudah Bagi Orang Tua Penuhi Kebutuhan Serat pada Anak
10 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Peroleh dari Konsumsi Kismis
Begini Cara Penting dalam Memenuhi Nutrisi untuk Ibu Hamil

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT