Lebih Berbahaya, Berikut Ciri-Ciri Terpapar Covid-19 Delta Plus

Lebih Berbahaya, Berikut Ciri-Ciri Terpapar Covid-19 Delta Plus
Ilustrasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com
SEHAT | 31 Juli 2021 20:11 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Varian baru dari mutasi virus Covid-19 terdeteksi di Indonesia. Varian dengan nama Delta Plus diklaim lebih berbahaya dibanding varian Delta. Ciri-Ciri terinfeksi varian Delta Plus lebih kompleks dibanding varian Delta.

Virus Corona sedianya bukanlah makhluk hidup. Virus hanya dapat memperbanyak diri pada inang yang hidup, seperti manusia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, dalam proses perbanyakan diri, virus dapat bermutasi menghasilkan varian baru. Sehingga upaya terbaik adalah jangan sampai virus masuk ke dalam tubuh.

Adapun ciri-ciri tubuh tengah terserang Covid-19 varian Delta Plus adalah munculnya batuk, diare, demam, sakit kepala, hingga ruam kulit. Selain itu tanda lainnya adalah muncul perubahan warna jari tangan dan kaki. Gejala seperti sesak napas dan nyeri dada juga bisa dirasakan penderita yang terpapar varian Delta Plus.

Gejala lain yang bisa menjadi ciri terpapar Covid-19 varian Delta Plus adalah sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Varian Delta Plus sendiri lebih berbahaya dibanding virus lainnya karena bisa menyebabkan pembuhuhan antibodi virus. Di Indonesia sendiri sudah terdetaksi tiga kasus penularan Covid-19 Delta Plus yaitu 2 orang di Jambi dan 1 orang di Mamuju.

Meski diklaim lebih berbahaya, namun Anda bisa mengantisipasi paparan COvid-19 varian Delta Plus ini dengan melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan Protokol Kesehata secara ketat.

Sumber: Liputan6.com (mdk/dzm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami