Makan Gurita Mentah Seperti yang Dilakukan Ria Ricis Bisa Berujung Maut

SEHAT | 2 September 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Beberapa waktu ke belakang, Youtuber Ria Ricis menjadi perbincangan karena menyantap gurita hidup. Tindakan yang dilakukannya ini mendapat berbagai komentar sehingga akhirnya Ria menyampaikan permintaan maaf.

Konsumsi gurita hidup sebenarnya bukan hal yang aneh terutama di Korea Selatan. Makanan berupa gurita hidup ini telah dikenal di wilayah tersebut dengan nama Sannakji.

Hidangan ini terbuat dari nakji, bahasa Korea untuk gurita berukuran kecil atau sedang. Untuk menyajikannya gurita yang masih hidup dipotong-potong lalu dibubuhi wijen, serutan daun bawang, dan saus ringan.

Karena gurita tersebut masih hidup, tentakelnya masih aktif bergerak bahkan saat disajikan di atas piring. Kadang sannakji juga disajikan utuh, terutama jika ukuran guritanya tidak terlalu besar.

Makanan ini sendiri dianggap cukup unik dan tak banyak ditemui pada negara lain di dunia. Tak heran, banyak artikel atau video yang membahas keunikan dari memakan gurita secara hidup-hidup ini.

Tingkat bahaya yang muncul dari konsumsi makanan ini tentu berbeda semisal kita memakan gurita tersebut dalam kondisi mentah. Konsumsi makanan ini bisa berujung maut jika kurang hati-hati.

1 dari 3 halaman

Sebabkan Gangguan Pernapasan

"Tidak direkomendasikan. Ada bahaya tersedak dari tentakel yang menempel pada bagian dalam tenggorokan yang membuat gurita ini menjadi penyebab gangguan (pernapasan)," terang penulis dan nutrisionis, Jenny Tschiesche pada Insider.

Memakan sannakji membutuhkan teknik tertentu, sebab jika salah dalam cara memakannya bisa membahayakan nyawa. Jika tidak dikonsumsi dengan benar tentakelnya bisa tersangkut di tenggorokan dan mengisap dinding tenggorokan, membuat orang yang memakannya mengalami penyumbatan saluran pernapasan. Untuk itu orang yang hendak menyantap sannakji harus memegang potongan gurita tersebut dalam posisi yang benar.

2 dari 3 halaman

Bisa Sebabkan Kematian

Pada April 2010, seorang wanita di Korea Utara pingsan dan berhenti bernapas usai menyantap gurita hidup. Berselang 16 hari kemudian, wanita tersebut meninggal ketika dirawat di rumah sakit.

Terkait bahaya lain seperti keracunan, gurita bukanlah bahan makanan yang berbahaya. Bahkan ketika dibandingkan dengan makanan laut lainnya. Tschiesche menyebut bahwa hal tersebut merupakan penyebab banyak orang Korea memakannya secara mentah.

3 dari 3 halaman

Cara Makan Sannakji dengan Aman

Untuk memakan gurita hidup secara aman, pertama kamu harus mengambil gurita di bagian kepala. Kemudian tarik tentakel ke arah bawah untuk membuang lendir.

Selanjutnya ketika gurita sudah masuk ke dalam mulut, sebaiknya kunyah secara sempurna sebelum ditelan. Kunyah lebih lama dibanding biasanya untuk memastikan tentakel tidak menempel ketika kamu kamu menelannya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Musim Kemarau Tiba, Berikut Cara Atasi Alergi Debu yang Mungkin Kamu Alami
Teknik Pernapasan Buteyko Sebaiknya Tidak Dilakukan pada Anak
Benarkan Memplester Mulut Ketika Tidur Bisa Memiliki Manfaat Kesehatan?
Pakar Kesehatan Bahas Apakah Benar Teknik Buteyko Breathing Bisa Perbaiki Tidur
Begini Cara Menangani Asma Akibat Udara Buruk Perkotaan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.