Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Jika Ingin Punya Bayi Berkulit Terang

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Jika Ingin Punya Bayi Berkulit Terang
SEHAT | 28 Februari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orangtua mengidamkan memiliki bayi yang berkulit terang atau putih. Warna kulit ini membuat anak menjadi tampak lebih segar dan cerah.

Banyak faktor yang mempengaruhi warna kulit buah hati ini. Salah satu faktor utama adalah pada gen yang diwarisi dari orangtua.

Walau begitu, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar buah hati mereka berkulit lebih cerah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa jadi faktor yang mempengaruhi penampilan ini.

Sejumlah makanan dan minuman ini juga bisa berkhasiat pada ibu hamil ketika dikonsumsi. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi ibu hamil jika ingin memiliki anak berkulit terang.

1 dari 5 halaman

Susu Kedelai

Susu kedelai dipercaya dapat membuat kulit bayi menjadi terang, mulus, dan bersih. Beberapa kandungan di susu kedelai memang sangat bermanfaat bagi si jabang bayi. Selain dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, susu kedelai juga kaya kandungan lemak nabati, asam folat, protein, vitamin, dan karbohidrat.

2 dari 5 halaman

Kacang Hijau

Kacang hijau sangat bermanfaat untuk kulit bayi. Ibu hamil disarankan untuk meminum air rebusan kacang hijau, atau dalam bentuk bubur.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa kacang hijau memiliki protein nabati dan asam folat tinggi yang tinggi. Kacang hijau dapat menjernihkan air ketuban dan membuat kulit bayi menjadi putih bersih. Selain itu, kandungan ini juga bisa membuat bayi menjadi lebih cerdas.

3 dari 5 halaman

Air Kelapa

Kandungan elektrolit di dalam air kelapa dapat digunakan sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Saat hamil, ibu disarankan meminum air kelapa dengan intensitas tinggi (tetap dalam takaran ideal), menurut pakar ginekologi.

Sama seperti kacang hijau, air kelapa juga dapat menjernihkan air ketuban dan membersihkan rahim. Ketika ibu hamil mengonsumsi air kelapa, maka juga bisa terhindar dari dehidrasi.

4 dari 5 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau telah terbukti efektif dalam membentuk kulit yang sehat, tidak hanya kepada ibu hamil namun juga si jabang bayi. Rahim dan plasenta akan tetap bersih dengan mengonsumsi sayuran hijau dalam bentuk apapun.

Serat alami yang terdapat pada kandungan sayur membantu pencernaan ibu hamil menjadi lebih lancar. Sebaiknya bagi ibu hamil tidak pernah melewatkan satu hari pun makan tanpa sayur karena bisa bermanfaat untuk vitamin dan mineral bagi bayi.

5 dari 5 halaman

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami