Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari

SEHAT | 24 Januari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak hal yang bisa dilakukan seseorang pada waktu luang yang dimilikinya. Beberapa hal bisa sangat bermanfaat, namun beberapa lainnya bisa tidak memiliki dampak yang signifikan.

Salah satu hobi atau kebiasaan yang bisa sangat bermanfaat adalah membaca. Terdapat berbagai tujuan yang bisa dilakukan dari kebiasaan membaca mulai dari sebagai hiburan atau untuk memperoleh informasi.

Terdapat berbagai macam jenis bacaan yang bisa dipilih untuk berbagai macam tujuan yam kamu miliki. Kamu bisa membaca berita baik dari media cetak maupun elektronik atau membaca berbagai hal seperti buku fiksi.

Kebiasaan membaca ini ternyata juga memiliki sejumlah dampak yang cukup bermanfaat bagi diri. Dikumpulkan dari Berbagai Sumber, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kebiasaan membaca buku tiap hari.

1 dari 6 halaman

Hilangkan Stres

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa membaca selama 6 menit bisa menurunkan stres hingga 68 persen. Hal ini bisa membuatmu kembali menjalani kehidupan dengan ketegangan yang berkurang dan pikiran yang lebih jernih.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Membaca bisa menambah pengetahuan dan informasi yang terjadi di lingkungan sekitar hingga kabar dunia. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah ketika berkomunikasi dengan orang lain karena memiliki sejumlah pengetahuan yang memadai.

3 dari 6 halaman

Memperbaiki Suasana Hati

Membaca buku baik dalam berbagai berntuk bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang. Hal ini bisa membuatmu lebih fokus dalam satu hal dan melupakan berbagai macam beban pikiran yang menyebabkan stres. Pada akhirnya, hal ini mampu memperbaiki suasana hati yang buruk.

4 dari 6 halaman

Melatih Otak

Membaca membuat otak menjadi bekerja sehingga mampu menjaga kebugaran dan kesehatan mental. Ketika kamu rajin membaca, otak bisa terhindar dari berbagai masalah termasuk risiko pikun.

5 dari 6 halaman

Mendekatkan Hubungan Anak dengan Orangtua

membacakan dongeng atau cerita kepada anak bisa menjadi rutinitas yang mendekatkan hubungan keluarga. Kebiasaan ini juga bisa membuat anak menjadi lebih bahagia dan memiliki imajinasi yang tinggi.

6 dari 6 halaman

Membantu Lebih Cepat tertidur

Buku terutama dalam bentuk kertas tidak bakal menimbulkan gangguan seperti ketika kamu memegang gawai. Secara langsung, hal ini tidak bakal mengganggu pola tidurmu karena cahaya biru yang muncul.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh dari kebiasaan membaca secara rutin setiap hari. Lakukan hal tersebut dan rasakan manfaat yang kamu peroleh. (mdk/RWP)

Baca juga:
Dokter Jantung Sarankan Pasien agar Tidak Melakukan Diet Keto
3 Hal yang Pantang untuk Langsung Dilakukan Setelah Makan
Dalam Sehari, Terdapat 4 Ribu Pasien Baru Penderita Diabetes
Ketahui Penyebab Terjadinya Infertilitas pada Suami dan Istri
Menonton Pertunjukan dan ke Galeri Seni Bisa Bantu Manula Cegah Kematian
Diare pada Balita Bisa Diatasi dengan Konsumsi Tablet Zinc

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.