Manusia Ternyata Memiliki Kemampuan untuk Melakukan Regenerasi Seperti Salamander

SEHAT | 20 Oktober 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salamander merupakan hewan yang diketahui bisa menumbuhkan kembali kaki yang hilang atau putus. Peneliti mengungkap bahwa ternyata manusia memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi lagi pada persendian mereka.

Kemampuan manusia ini bisa berujung pada perawatan obatan-obatan baru yang meregenerasi tangan dan kaki. Proses ini serupa dengan ketika salamander menumbuhkan kembali kaki yang dimilikinya.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Science Advances menunjukkan bahwa tulang rawan pada persendian manusia bisa memulihkan diri sendiri. Peneliti mengungkap bahwa tulang rawan di lutut dan pinggang tampak lebih tua sedangkan persendian lebih muda yang menandakan regenerasi.

"Kami percaya bahwa pemahaman dari kapasitas regeneratif seperti salamander pada manusia ini serta komponen penting yang hilang dari sirkuit regulatori bisa memberi daras pada pendekatan untuk memperbaiki jaringan persendian dan bahkan seluruh tangan dan kaki," jelas Virginia Byers Kraus, professor dari Duke University.

Untuk penelitian ini, peneliti menganalisis protein pada bagian tubuh tertentu. Mereka mengungkap bahwa protein yang baru dibuat pada jaringan tampak memiliki perubahan asam amino yang sedikit sedangkan protein yang lebih tua seharusnya memiliki lebih banyak.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa tulang rawan pada persendian lebih muda, berusia sedang di lutut, dan tua di pinggang. Perbedaan ini juga tampak pada hewan seperti salamander yang bisa meregenerasi persendian.

Peneliti mengungkap bahwa temuan ini juga menjelaskan mengapa seseorang umumnya membutuhkan waktu lebih lama ketika memulihkan cedera di tempat tertentu. Cedera pada lutut dan pinggang membutuhkan waktu pemulihan lama sedangkan pada sendi bisa berjalan lebih cepat.

1 dari 1 halaman

Potensi Penanganan Regenerasi Tangan dan Kaki

Temuan utama lain dari penelitian ini adalah peran molekuler bernama microRNA. Peneliti mengungkap bahwa microRNA bisa membantu membenahi tangan dan kaki hewan serta jaringan sendi pada manusia.

"Kami sangat bersemangat mengetahui mengenai regulator dari regenerasi pada kaki salamander juga menjadi pengontrol pembenahan jaringan sendi pada tangan dan kaki manusia," terang peneliti Ming-Feng Hsueh.

Tim peneliti percaya bahwa penelitian selanjutnya akan mengidentifikasi bagaimana microRNA bekerja pada salamander. Dia mengungkap bahwa mekanisme pembenahan ini juga akan diterapkan pada banyak jaringan pada tubuh dan bukan hanya tulang rawan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Tomat Bisa Jadi Senjata Ajaib untuk Tingkatkan Jumlah Sperma Pria
Konsumsi Kacang Bisa Bantu Orang Agar Tidak Cepat Bertambah Berat Badan
Tidur Kurang dari 6 Jam Semalam Bisa Tingkatkan Risiko Kanker
Tinggal Dekat Pantai Bisa Membantu Jaga Kesehatan Mental Seseorang
Diprediksi Bakal Ada 250 Juta Anak Obesitas pada 2030
Bawang Merah dan Putih Diketahui Bisa Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Payudara