Mari kenali 8 gejala awal TBC

Mari kenali 8 gejala awal TBC
Ilustrasi batuk. Shutterstock/DJTaylor
SEHAT | 24 Maret 2014 18:22 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - TBC atau yang biasa dikenal dengan tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis. Penyakit yang biasanya menyerang paru-paru ini termasuk dalam kategori penyakit yang bersifat mematikan.

Seseorang yang menderita TBC biasanya memiliki gejala batuk dan bersin. Oleh karena itu penyakit ini mampu menular melalui butiran ludah yang menyembur ke udara.

Selain gejala tersebut, berikut adalah gejala awal dari TBC seperti dilansir dari boldsky.com.

Batuk terus-menerus

Salah satu gejala umum dari TBC adalah batuk terus-menerus dan menyakitkan selama lebih dari 2 minggu. Jika Anda mengalaminya, lebih baik segera periksakan ke dokter.

Batuk darah

Selain batuk yang tidak kunjung sembuh, penderita TBC biasanya juga mengalami batuk darah. Oleh karena itu waspadalah ketika ada noda darah ketika Anda batuk.

Penurunan berat badan

Penderita TBC juga biasanya mengalami penurunan berat badan. Hal ini menunjukkan sebab adanya bakteri TB yang berkembang di dalam tubuh Anda.

Demam

Setiap infeksi TBC biasanya disertai dengan demam. Apabila Anda merasa demam secara tiba-tiba, sebaiknya juga waspadalah.

Lemah

TBC adalah penyakit menular yang benar-benar membuat tubuh Anda cepat merasa lemah.

Rasa sakit di paru-paru

TBC merupakan penyakit yang menginfeksi paru-paru. Jika Anda merasakan nyeri tajam di paru-paru dan Anda merasa kesakitan ketika menghembuskan udara maka Anda memiliki infeksi paru-paru yang parah. Dan hal ini bisa jadi adalah tanda dari infeksi TBC.

Infeksi yang tidak kunjung sembuh

Selain membuat infeksi paru-paru, TBC juga dapat menginfeksi setiap bagian tubuh seperti perut, hati, bahkan otak. Jika Anda memiliki infeksi di daerah tersebut lebih dari 3 minggu, sebaiknya periksakanlah ke dokter.

Menggigil di malam hari

Jika Anda menggigil di malah hari padahal udara sedang tidak dingin, hal ini bisa jadi tanda TBC. Sebab infeksi dari bakteri TBC ini akan menyebabkan Anda menggigil di malam hari.

Jadi, apakah Anda mengalami serangkaian gejala di atas? Jika ya, sebaiknya periksakan sebelum berkembang menjadi penyakit yang membahayakan. (mdk/feb)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami